Image default

Menyikapi Pertemanan dan Kepedulian Ala Alpha Girl, Part 3

Didalam buku Alpha Girl’s Guide terdapat penjelasan perspektif alpha girl mengenai pertemanan dan kepedulian. Kepedulian dan pertemanan tentunya berkaitan. Pertemanan dapat tumbuh dengan baik dengan adanya kepedulian. Pertemanan yang baik tentunya juga saling berbagi hal positif. Kepedulian pun juga tidak terbatas hanya dengan teman saja, melainkan peduli dengan sesama wanita juga perlu. Sebelumnya baca dulu part 2 tentang bagaimana alpha girl menyikapi penampilan dan profesionalitas ya!

Saat ini seringkali perempuan justru menjatuhkan wanita lain untuk berkompetisi. Hal itu terjadi karena tanpa adanya kepedulian terhadap sesama wanita. Penjelasan lebih lanjut mengenai kepedulian dan pertemanan ada diartikel ini.

Alpha Friend

Mungkin banyak yang mengira semakin sukses maka teman akan semakin sedikit, tentunya hal ini tidak sepenuhnya benar. Banyak alpha female yang memiliki teman yang setia walaupun telah sukses.

Tentunya dalam hal berteman, alpha girl perlu selektif. Alpha girl berusaha menjadi teman yang adil, tidak memanipulasi dan tidak dimanipulasi. Alpha girl pun tidak membully dan menolak di bully. 

Lingkungan pertemanan akan mempengaruhi mindset dan berpengaruh dalam jangka panjang. Alpha girl tidak segan untuk meninggalkan teman yang toxic atau hanya membawa dampak buruk bagi hidupnya. Alpha girl akan mementingkan kualitas daripada kuantitas. Alpha girl juga akan berusaha mandiri sebisa mungkin sampai ia benar-benar butuh pertolongan.

Dalam berteman alpha girl juga akan menjadi diri sendiri dan tidak merubah diri agar diterima oleh kelompok. Pertemanan perlu dijaga dan dirawat dengan respect dan take and give yang seimbang. Namun akan ada saatnya, pertemanan menjadi layu walaupun sudah berusaha memeliharanya.

Alpha girl dalam berteman juga tidak akan membahas gossip. Walaupun hal tersebut lumrah terjadi dikalangan perempuan, alpha girl akan berusaha menguranginya. Semakin berkualitas pertemanan maka akan membahas sebuah ide bukan seseorang. Ia akan menyukai membahas wawasan daripada membahas kehidupan orang lain.

Mengurangi gossip tentunya juga akan membuat orang lain percaya pada kita. Jika alpha girl yang digosipkan, maka ia akan mengecek terlebih dahulu mengenai kebenaran berita tersebut. Jika memang benar yang digosipkan, maka alpha girl akan introspeksi diri dan tidak defensive(membela diri). Namun, jika yang digosipkan tidak benar, selama belum menjadi fitnah yang serius dan melanggar hukum, maka alpha girl perlu berkepala dingin. Banyak orang yang akan menggosipkan karena alpha girl slalu ada didepan mereka.

Bagi alpha girl, banyak hal yang lebih berguna untuk dikerjakan daripada meladeni gossip, yang justru akan memperlambat Langkah maju mereka. Hal ini berlaku di dunia online, alpha girl bijaksana dalam menggunakan sosial media.

Alpha Carer (Penjaga dan Perawat)

Jika kamu terinspirasi menjadi alpha female, yang terlihat pintar, baik, bijaksana, berkelas, kamu mungkin perlu tahu sisi lain dari seorang alpha female. Dibalik kesempurnaan sosok alpha female, seringkali alpha female memiliki kekurangan diantaranya:

1. Mendominasi

Memimpin tentunya baik namun tidak perlu mendominasi orang lain dan egois. Belajar mendengar dan menghargai perspektif orang lain.

2. Bullying

Sekalipun alpha female berusaha sebaik mungkin dalam hal apapun, tetap tidak membenarkan untuk merendahkan orang lain. Belajar untuk menyampaikan pendapat secara sopan kepada orang lain walaupun ketika orang lain itu salah.

3. Sulit percaya

Alpha female merasa bisa menangani hal apapun sendirian dan tidak bergantung orang lain. Hal ini baik tapi juga ada sisi buruknya, yakni manusia memiliki waktu dan kemampuan yang terbatas. Jika dikerjakan sendirian dan tidak mendelegasikan pekerjaan ke orang lain maka akan menimbulkan stress. Percayakan pekerjaan kepada orang lain dan komunikasikan dengan baik.

4. Memandang rendah pria

Sebagai wanita yang sukses tentu ada kalanya merasa tidak memerlukan seorang pria bahkan memandang pria rendah jika tidak setara dengan dirinya. Hal ini tidak lah baik. Mengharapkan pria yang berkualitas itu baik namun jika harus sempurna itu tidak realistis. Tidak perlu merendahkan pria jika memang tidak tertarik cukup tolak dengan bahasa yang sopan.

Status tertinggi seorang alpha female bukan untuk menerima, melainkan untuk memberi. Seorang alpha female yang inspirasional menggunakan potensi yang dimiliki untuk menggerakkan orang di sekitarnya bersama-sama menjadi lebih baik. Alpha female yang baik tidaklah egois dan belajar peka akan kebutuhan orang terdekatnya.

Menjadi alpha female dapat dimulai dari hal kecil yakni peduli dengan sekitar dan sopan dengan siapapun. Rasa kepedulian akan membuatmu berpikir untuk membantu mencari solusi atas sebuah permasalahan yang secara tidak langsung membuat perubahan baik kecil/besar.

Untuk dapat membantu orang lain maka kita perlu mengurus diri sendiri dengan baik. Mengejar prestasi dan memiliki segala kemampuan bukan untuk diri sendiri namun untuk membantu orang lain. Alpha female juga memiliki keinginan tulus untuk memajukan perempuan lain dari keterbatasan, kebodohan dan kemiskinan, serta memperjuangkan persamaan hak bagi perempuan.

Salah satu contoh wanita yang memiliki kepedulian dengan wanita lain yakni Najwa Shihab. Beliau sangat concern untuk memberdayakan wanita lain agar tangguh dan cerdas. Kepedulian beliau untuk membuat wanita menjadi berdaya dengan beberapa tindakan beliau menjadi public figure yang baik. Beliau menyayangkan jika sesama wanita saling menjatuhkan. Jika wanita bisa saling mendukung dan peduli maka justru membuat wanita tersebut lebih cantik. Bergosip dan fitnah justru akan menurunkan value wanita itu sendiri.

Referensi:

Manampiring, H. (2015). The Alpha Girl’s Guide. Jakarta: GagasMedia.

Artikel Terkait

4 comments

MITA ROESMALITA Maret 22, 2021 at 10:00 AM

Jika seorang merasa dirinya tidak toxic tapi dia merasa bahwa dirinya sering dijadikan sebagai objek seseorang untuk dibicarakan kalau dia toxic, padahal kenyataannya dia tidak toxic hanya dia peduli dengan orang lain Ebih dari seorang teman. Karena memang banyak orang yang memiliki pikiran dan sudut pandang yang berbeda-beda tentang pertemanana atau persahabat. Apa yang seharusnya dan benar dilakukan untuk orang itu ?? Intropeksi dan merubah perilaknya mjd tidak terlalu peduli / tetap menjalani hidupnya seperti biasa ?? Apakah dia termasuk dalam alpha girl.

Reply
Siti Nurhasanah Maret 22, 2021 at 12:28 PM

Waahh makasih min bermanfaat banget

Reply
Kaila Nisrina Maret 24, 2021 at 12:20 PM

wihh makasii yaa bermanfaat sekali

Reply
Dina Karunia (@underwood_3112) Maret 24, 2021 at 12:36 PM

Tulisan ini sangat bagus, berisi kalimat-kalimat yang begitu inspiratif.

Reply

Leave a Comment