Image default

Alpha Girl: Menjadi Perempuan yang Menginspirasi, Part 1

Menjadi perempuan yang cerdas, mandiri, dan berwibawa adalah sosok yang diidamkan para perempuan masa kini. Ibu Kartini adalah tokoh emansipasi wanita, hingga saat ini perjuangan beliau perlu diteruskan oleh perempuan untuk memperoleh hak-haknya.

Saat ini, para perempuan masih perlu memperjuangkan kesetaraan gender di Indonesia. Banyak kasus pelecehan seksual namun yang disalahkan justru perempuan. Kasus perebut laki orang (pelakor) yang disalahkan wanita lain, padahal hal ini belum tentu sepenuhnya benar. Sesama perempuan saling menjatuhkan perempuan lain.

Jika ingin menjadi perempuan yang cerdas, mandiri, berwibawa maka perlu belajar menjadi alpha girl. Apakah kamu pernah mendengar istilah alpha girl? Untuk mengetahui penjelasannya, simak penjelasannya berikut ini.

Definisi Alpha Girl

Pembahasan alpha girl kali ini berdasarkan buku karya Henry Manampiring. Didalam buku tersebut sang penulis banyak menjabarkan mengenai sosok alpha girl. Menarik sekali jika terdapat panduan untuk menjadi alpha girl ini, tentunya akan memudahkan menjadi perempuan yang menginspirasi dan mempraktikkan dalam kesehariannya. Sebelum membahas mengenai definisinya, penting untuk mengetahui asal-usul istilahnya terlebih dahulu.

Istilah “Alpha” adalah huruf pertama dari alfabet Yunani yang menandakan anggota kelompok teratas. Dalam buku alpha girl, istilah alpha girl ini berawal dari dunia ilmu perilaku fauna. Di dunia fauna, terdapat jantan yang dominan dari jantan lainnya yang disebut dengan alpha male. Alpha male ini bertugas untuk memimpin kelompok dan melindungi kelompok dari serangan predator maupun kelompok lain. Jika ada alpha male tentunya ada istilah alpha female. Kekuatan fisik dan keberanian adalah hal menarik dalam alpha male, maka alpha female menarik karena memiliki pengaruh atas anggota lain. Alpha female di hormati dan disegani oleh anggota lain baik betina maupun jantan.

Konsep alpha male dan female kemudian diterapkan di dunia manusia. Alpha male di dunia manusia tidak harus menjadi terkuat diantara yang lainnya. Alpha male ditunjukkan melalui keberanian, ambisi, kecerdasan, kematangan emosi, pesona, serta mempunyai power dan pengaruh yang nyata atas orang-orang. Sama dengan alpha male, alpha female adalah wanita dewasa yang ambisius, pekerja keras, percaya diri, berprestasi, dihormati, dikagumi dan disegani oleh perempuan lain. Sedangkan seorang alpha girl adalah wanita muda yang belajar agar bisa menjadi seorang alpha female.

Status “alpha female” ini bukan atas pengakuan dari diri sendiri, melainkan atas pengakuan dari orang lain. Atas kerja keras dan keberhasilan yang didapat, orang lain dapat menilai apakah seorang wanita dapat disebut alpha female atau tidak. Berkaitan dengan kerja keras, alpha female sering dikaitkan dengan miss independent, tentunya hal ini berbeda. Miss independent tidak harus memimpin atau mempengaruhi orang lain, ia hanya nyaman dengan dirinya sendiri. Sedangkan istilah alpha girl adalah remaja putri yang memiliki kualitas alpha.

Menjadi Alpha Female

Ada dua faktor untuk menjadi alpha female yakni faktor genetis dan dengan dilatih. Namun, ada hal yang perlu diketahui bahwa tidak semua perempuan bisa menjadi alpha female. Hal tersebut dikarenakan, setiap perempuan memiliki keunikan masing-masing, tidak ada yang lahir dalam keadaan kecerdasan sama, fisik sama maupun bakat sama. Setiap orang memiliki kondisi berbeda, kondisi keluarga dan budaya yang berbeda. Walaupun begitu, setiap wanita dapat mempelajari perilaku, attitude, dan semangat para Alpha Female untuk membantu diri menjadi lebih baik dan mengembangkan potensi. Tentunya menarik sekali jika bisa menjadi alpha female, namun menjadi alpha female bukanlah jaminan bahagia.

Salah satu contoh alpha female yakni Najwa Shihab. Beliau adalah salah satu tokoh perempuan yang menginspirasi, memiliki segudang prestasi, berpenampilan baik, memiliki attitude yang baik serta mampu mennginspirasi banyak orang.

Menjadi alpha female: smart, seorang sahabat yang baik, bekerja keras, tidak mudah galau urusan percintaan, memahami psikologi wanita putus cinta dengan baik, membanggakan keluarga, rendah hati, memiliki simpati dan empati. Jika sedang down, jangan ragu untuk menjangkau perempuan lain yang tulus membantumu. Sejatinya sisterhood terbentuk jika saling menguatkan dan mendukung. Pun jika sudah sukses jangan lupakan wanita yang berjasa dan bantu perempuan lain.

Belajar menjadi alpha female tentunya dimulai sejak usia remaja, namun jika saat ini usiamu sudah tidak lagi remaja, bukan waktu yang terlambat untuk memulai langkah kecil. Sebelum menjadi alpha female, tentunya kita mempelajari bagaimana menjadi alpha girl sejati, diantaranya mengenal perspektif alpha girl dalam:

  • Pendidikan
  • Pertemanan
  • Kepedulian
  • Penampilan
  • Percintaan
  • Profesionalitas

Berbagai perspektif alpha girl dijelaskan dalam artikel lain. Didalam buku alpha girl benar-benar menjelaskan banyak hal yang tentunya tidak semuanya dapat kamu pelajari dalam pendidikan formal. Buku alpha girl tentunya akan menambah pengetahuanmu dan dapat kamu lakukan dalam keseharianmu. Menjadi alpha girl bukanlah menjadi wanita sempurna, namun bagaimana menjadi wanita yang bermanfaat dan menginspirasi orang lain. Mungkin kamu tidak menjadi pemimpin besar, namun kamu akan menjadi inspirasi untuk terus menerus menjadi lebih baik. Maksimalkan potensimu dan semangat dalam menulis sejarah hidupmu

Referensi:

Manampiring, H. (2015). The Alpha Girl’s Guide. Jakarta: GagasMedia.

Artikel Terkait

1 comment

Ayu Hanifah Maret 25, 2021 at 9:23 AM

Baru pertama kali mendengar istilah Alpha Femele maupun Alpha Girl dan setelah membaca tulisan ini saya jadi tahu apa sebutan yang tepat bagi impian saya selama ini.

Reply

Leave a Comment