Image default

Kecemasan Pada Lansia

Ketika kakeknya bangun dari tempat tidur dan malam harinya dirinya tidak bisa tidur, Stella tahu bahwa kakeknya sedang berjuang melawan kecemasan. Terkadang jantungnya berdebar kencang, dan dia mendengar suara-suara dari luar. Ia juga khawatir tentang apakah pintu rumahnya sudah terkunci dan aman. Hal ini dimulai tak lama setelah istrinya meninggal, dan semakin memburuk seiring waktu sampai mereka mengatasi masalah ini dengan bantuan dokter. Bahkan dengan pengobatan, kakeknya terkadang masih mengalami hari-hari yang buruk, tetapi Stella telah melihat banyak perbaikan dalam gejalanya. Dan Stella tahu bahwa sang kakek merasa jauh lebih percaya diri, termasuk tentang dengan perannya sebagai ayah dan kakek.

Terkadang kita mengalami kecemasan sebagai respons normal terhadap situasi stres. Faktanya, kecemasan bisa menjadi tanda penting bahwa ada sesuatu yang salah dan membantu kita melindungi diri dari bahaya. Namun jika hal itu muncul lebih sering, tidak sesuai dengan penyebab dari stres, dan mengganggu pengalaman serta kualitas hidup orang dewasa yang dalam proses menua, anxiety menjadi gangguan serius yang harus ditangani dengan sangat hati-hati. Untungnya, pengobatan holistik yang penuh kasih untuk kecemasan pada lansia sudah tersedia, dan Anda dapat membantu orang yang sudah lanjut usia untuk memperoleh penanganan ini.

Gejala Kecemasan pada Lansia

Ada banyak jenis gangguan psikologis pada lansia yang terkategori dalam jenis ini, termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan kecemasan sosial, gangguan panik, gangguan obsesif-kompulsif, dan gangguan stres pascatrauma. Tidak satu pun dari kelainan ini yang harus dianggap sebagai bagian normal dari proses penuaan. Gejala gangguan ini bisa sangat menyusahkan, dan orang yang lebih tua memerlukan penanganan khusus untuk meminimalkan dan mencegah gejalanya, yang dapat meliputi:

• Guncangan/kegoyahan
  • Sulit bernafas
  • Pusing
  • Sakit kepala ringan
  • Berkeringat
  • Mual
  • Masalah pencernaan
  • Nyeri dada
  • Sakit kepala
  • Masalah mata dan penglihatan
  • Ketegangan atau nyeri otot
  • Kelelahan
  • Kebingungan
  • Pikiran irasional
  • Kelupaan
  • Mimpi buruk
  • Pikiran menakutkan
  • Sifat mudah marah
  • Menghindari aktivitas, tempat, orang, bahkan pikiran yang memicu rasa cemas
  • Perubahan berat badan, nafsu makan, atau kebiasaan makan
  • Gangguan tidur, termasuk tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Resistensi untuk meninggalkan rumah
  • Penarikan dan perilaku mengisolasi
  • Pikiran obsesif
  • Perilaku kompulsif
  • Panik
  • Penyalahgunaan zat

Tidak semua gejala ini harus ada agar orang yang lebih tua dapat didiagnosis dengan gangguan kecemasan pada lansia. Namun, jika orang tersayang Anda yang sudah lanjut usia menunjukkan bahkan satu atau lebih dari gejala-gejala ini, sebaiknya bicarakan dengan dokter mereka tentang bagaimana hal itu dapat diatasi.

Jika tidak ditangani, gejala kecemasan dapat meningkat dan lansia dapat mengalami sistem kekebalan yang melemah, ketegangan otot, gula darah tinggi, kelelahan sistem saraf, masalah pencernaan, maag, masalah kardiovaskular, dan kesulitan bernapas, di antara banyak komplikasi dan kemungkinan kesehatan lainnya. Mereka juga berisiko lebih besar mengembangkan komplikasi kesehatan mental lainnya, seperti depresi dan pikiran untuk bunuh diri. Seiring dengan perawatan yang memadai, kita dapat mempertimbangkan beberapa penyebab stres dalam hidup mereka dan membantu meringankan beberapa beban pada orang-orang tersayang yang dalam proses menua.

Penyebab Umum Kecemasan di Lansia

Meskipun kecemasan tidak selalu memiliki penyebab tertentu, dia sering kali muncul atau diperburuk oleh faktor lingkungan dan situasional tertentu. Seiring bertambahnya usia, kita menghadapi tantangan dan stres yang mungkin belum pernah kita hadapi sebelumnya. Transisi dari masa ke masa bisa jadi sulit, dan orang dewasa tua dapat menghadapi perubahan signifikan yang dapat berkontribusi pada perkembangan atau peningkatan kecemasan. Jika kita dapat mempersempit beberapa pemicu umum stres dan anxiety pada lansia, kita dapat mengawasi, mengantisipasi respon cemas, dan mengurangi tantangan. Dengan menciptakan lingkungan yang lebih positif dan mendukung untuk lansia, mereka dapat mengatasi kecemasan dengan lebih efektif dan mengarahkan pengobatan dengan lebih baik.

Berikut adalah beberapa pemicu kecemasan yang harus diwaspadai yang umum di antara orang dewasa yang lebih tua:

• Ketidakamanan finansial
  • Masalah kesehatan
  • Demensia
  • Kehilangan kebebasan
  • Pertukaran peran
  • Perencanaan akhir kehidupan
  • Duka dan kehilangan
  • Imobilitas
  • Sakit kronis
  • Perubahan persepsi sensorik, termasuk kehilangan penglihatan dan berkurangnya rasa dan bau
  • Isolasi

Dengan kesadaran yang lebih besar tentang masalah khusus orang yang Anda cintai, Anda dapat menawarkan dukungan atau menemukan dukungan yang mereka butuhkan. Misalnya, Anda dapat membantu menemukan layanan keuangan pengelolaan uang profesional, berhubungan kembali dengan teman lama atau aktivitas komunitas untuk memulihkan isolasi, atau melakukan latihan untuk mengelola rasa sakit kronis.

Penanganan dan Strategi untuk Mengatasi Kecemasan pada Orang Dewasa Tua

Jika Anda mengira orang tercinta yang menua mungkin mengalami gangguan kecemasan, inilah waktunya untuk mencari perawatan medis — lebih cepat, lebih baik untuk mengatasi gejalanya. Seorang psikiater dapat membuat diagnosis yang akurat dan mengidentifikasi pilihan pengobatan terbaik berdasarkan penilaian tersebut. Rencana penanganan untuk anxiety mungkin terdiri dari kombinasi pengobatan dan terapi, tetapi dokter akan dapat menentukan pengobatan terbaik untuk individu dan memantau kemajuan pemulihan mereka dari waktu ke waktu.

Seperti banyak gangguan kesehatan fisik dan mental lainnya pada lansia, cara mengatasi kecemasan berlebihan yang tepat harus mempertimbangkan keseluruhan orang: lingkungan rumah mereka, sistem pendukung yang ada atau kekurangannya, tingkat isolasi, mobilitas, tingkat kemandirian dan kemampuan untuk mengelola tugas sehari-hari, riwayat kesehatan dan penyakit saat ini, dan tentu saja, preferensi khusus mereka untuk perawatan. Manajer penanganan profesional adalah sumber daya yang bagus untuk menilai semua elemen ini dan mengelola lingkungan untuk berkembang. Manajer penanganan mempertimbangkan setiap detail relevan yang akan mempengaruhi kualitas hidup. Mereka dapat membantu Anda mengembangkan rencana individual untuk orang yang Anda cintai yang menua dan membahas segalanya mulai dari keamanan rumah hingga nutrisi hingga keterlibatan sosial hingga manajemen pengobatan dan sesi terapi reguler. Mereka dapat membantu mengatur janji temu untuk kesehatan di tempat atau di rumah.

Mereka juga dapat merujuk Anda ke dokter jika orang tersayang Anda yang sudah lanjut usia dan belum memiliki dokter yang siap menangani kecemasannya secara komprehensif. Dan Anda dapat mengadvokasi orang dewasa tua dengan melakukan pengamatan gejala mereka kepada dokter dan dengan menanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendukung orang yang Anda cintai secara teratur.

Misalnya, Anda mungkin:

Bertindak sebagai pendengar yang baik dengan meningkatkan komunikasi Anda secara keseluruhan dengan strategi gaya komunikasi tertentu.

Carilah layanan konseling lokal atau psikoterapi di rumah untuk mendukung lansia melalui berbagai tantangan dan terutama kecemasan.

Bantuan untuk mendaftarkan mereka ke program hari sosial untuk dukungan komunitas yang positif, stimulasi mental dan kreatif, latihan kelompok, dan lebih banyak perhatian dari pengasuh yang berpengetahuan

Merupakan hal penting bahwa orang tersayang Anda yang sudah lanjut usia tidak harus mengalami kecemasannya sendirian. Demikian pula, sebagai pengasuh, Anda tidak perlu beroperasi sendiri, karena terdapat berbagai sistem pendukung untuk pengasuh. Mulailah menjelajahi pilihan pengobatan untuk anxiety yang dialami orang yang Anda cintai. Bicaralah dengan mereka tentang pilihan yang membuat mereka nyaman dan tentang kehidupan yang ingin mereka ciptakan dalam pemulihan dari kecemasan yang terjadi pada lansia. Kehidupan yang direvitalisasi dapat dimulai hari ini.

Referensi :

Institute on Aging (2018, 5 Juli). Anxiety in the Elderly: Symptoms and Restorative Strategies. Diakses pada 3 Januari 2021, dari https://blog.ioaging.org/mental-illness/anxiety-in-the-elderly-symptoms-and-restorative-strategies/