Image default

Syarat Kuliah Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi adalah salah satu jurusan yang cukup tinggi peminat. Kesempatan karir sebagai lulusan Psikologi pun terbuka lebar. Maka, tidak heran jika Psikologi termasuk jurusan favorit.

Berhubung jurusan Psikologi cukup ketat dalam proses seleksi mahasiswa maka diperlukan persiapan yang matang sejak jauh hari. Lalu apa saja sih syarat-syarat kuliah di Psikologi? Simak penjelasan berikut ini.

Jenjang Kuliah Psikologi

Ilmu Psikologi dapat dipelajari pada tiga tingkat pendidikan yaitu  S1, S2, dan S3. Setiap jenjang pendidikan memiliki fokus belajar yang berbeda-beda dan gelar yang berbeda. Berikut penjelasannya lebih lanjut:

1. Program Sarjana

Kuliah S1 di Psikologi akan belajar tentang ilmu dasar psikologi seperti perkembangan manusia, psikologi sosial, psikologi pendidikan, psikologi Industri dan Organisasi serta psikologi Klinis. Selain itu, mahasiswa akan belajar tentang asesmen psikologi berupa observasi, wawancara dan pengukuran instrumen psikologis.

Setelah menyelesaikan studi, mahasiswa diharapkan menguasai teori Psikologi, metode penelitian dan menjunjung tinggi kode etik psikologi. Di samping itu, mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu psikologi dan menganalisis suatu permasalahan melalui riset.

2. Program Magister

Jenjang pendidikan magister dibagi dua yaitu Magister Profesi Psikologi dan Magister Psikologi. Kedua program tersebut memiliki tujuan pembelajaran yang berbeda dan memiliki berbagai spesialisasi yang berbeda pula.

Magister Profesi Psikologi khusus untuk lulusan Sarjana Psikologi yang ingin menjadi Psikolog. Setelah lulus, diharapkan bisa mengembangkan Ilmu Psikologi untuk penerapan di masyarakat. Sedangkan Magister Psikologi terbuka dari berbagai jurusan yang ingin menjadi Ilmuwan Psikologi dan pendidikan ini bertujuan menghasilkan Ilmuwan yang mengembangkan ilmu dengan pendekatan iner dan interdisiplin.

3. Program Doktoral

Tingkat pendidikan doktoral tidak lagi memahami sebuah teori dan konsep psikologi melainkan menghasilkan karya yang baru, original dan inovatif. Lulusan S3 Psikologi wajib memiliki teori baru dari hasil penelitiannya. Tidak heran jika lulusan S3 banyak mempublikasikan berbagai hasil riset baik tingkat nasional atau internasional melalui bentuk jurnal, buku, artikel ilmiah, dan lain-lain.

Syarat Kuliah Jurusan Psikologi

Diterima kuliah di Psikologi tentunya perlu melalui beberapa proses dan memenuhi syarat tertentu. Berikut 6 syarat yang perlu dipenuhi agar lolos seleksi mahasiswa Psikologi:

1. Lulus Pendidikan sebelumnya

Melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya sudah pasti harus lulus pendidikan sebelumnya. Ini adalah syarat wajib dan utama bagi siapa pun. Misalnya ingin mengambil program studi sarjana Psikologi maka perlu lulus pendidikan SMA atau Setara. Begitu seterusnya berlaku pada tingkat Magister dan Doktor.

2. Bebas Buta Warna

Bebas buta warna adalah syarat yang penting namun setiap kampus memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ada kampus yang mewajibkan mahasiswa S1 bebas boleh buta warna, namun ada kampus yang tidak mengatur hal tersebut. Khusus untuk program studi Magister Profesi Psikologi, mahasiswa harus bebas buta warna.

Bebas buta warna menjadi perhatian calon mahasiswa Psikologi karena akan belajar tentang tes psikologi yang menggunakan unsur warna. Apabila seorang mahasiswa buta warna maka tidak bisa mengidentifikasi warna sesungguhnya dan dapat memberikan interpretasi yang tidak tepat.

3. Lulus Seleksi

Menjadi mahasiswa Psikologi pastinya harus lulus berbagai rangkaian seleksi. Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta memiliki proses seleksi yang berbeda. Sebaiknya perlu memperhatikan aturan setiap kampus agar dapat menyiapkan lebih matang.

4. Bebas NAPZA

Hampir semua kampus di Indonesia mewajibkan mahasiswanya bebas dari NAPZA atau Narkoba, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif. Mahasiswa wajib terhindar dari NAPZA karena NAPZA dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan fisik maupun mental. Sehat jasmani dan rohani berperan penting untuk kesuksesan mahasiswa dalam menempuh studi.

5. Belajar Biologi dan Matematika

Ilmu Psikologi termasuk dalam rumpun Ilmu Sosial, namun uniknya Ilmu Psikologi berkaitan dengan Ilmu Biologi. Perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh kondisi fisik individu sehingga mahasiswa psikologi perlu mengetahui tentang tubuh manusia khususnya otak. Saat kuliah, mahasiswa akan belajar Neuroscience. Mata kuliah ini hanya ada satu atau dua semester tergantung pada kebijakan kampus.

Penelitian Psikologi tidak lepas dari metode penelitian kuantitatif. Metode ini perlu kemampuan analisis angka untuk mengambil sebuah kesimpulan. Jadi, mahasiswa Psikologi akan tetap bertemu dengan hitung-hitungan khususnya pada Statistika.

6. Menyertakan tes Toefl

Beberapa kampus membuka program studi sarjana Psikologi International. Proses pembelajaran 100% menggunakan Bahasa Inggris. Syarat utama untuk masuk program studi tersebut perlu menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris dengan menyertakan hasil tes Toefl atau Ielts.

Tingkat S2 dan S3 reguler biasanya diminta untuk melampirkan surat kemampuan Bahasa Inggris dengan standar nilai tertentu. Meskipun kegiatan belajar tidak full 100% Bahasa Inggris, mahasiswa dituntut bisa Bahasa Inggris karena referensi kuliah akan menggunakan jurnal internasional atau buku berbahasa Inggris.

Itulah penjelasan tentang syarat kuliah psikologi. Semoga dengan artikel ini memudahkan kalian untuk menyiapkan seleksi masuk psikologi. Selamat berjuang meraih jurusan impian kalian.

Artikel Terkait

Leave a Comment