Image default

7 Podcast Psikologi Internasional Rekomendasi KampusPsikologi.com

Kalau kemarin kita posting tentang beberapa podcast psikologi Indonesia, hari ini kita bakal memperkenalkan podcast Internasional berbahasa Inggris. Siniar dari luar negeri seringkali dianggap “lebih bagus” karena jumlah pendengarnya yang lebih besar dan memakai Bahasa Inggris.

1. Speaking of Psychology dari APA (American Psychological Association)

Tau Psikologi? Berarti harus tau APA dong, mereka adalah grup yang memengaruhi dunia psikologi secara global. Mempertimbangkan nama mereka yang sudah besar, sudah bisa dibilang kalau jenis konten mereka lebih bagus.

Setiap episode mereka sedikit panjang, dengan rata-rata 30 menit. Mereka menggunakan bahasa inggris yang umum bagi anak kuliahan, tetapi bisa dipahami oleh anak SMA.

Podcast mereka mengundang profesor dari seluruh dunia untuk membicarakan isu-isu yang relevan dan penting. Mereka menggunakan penelitian psikologi yang terbaru sebagai pendukung informasi mereka. Podcast ini juga ditujukan kepada para pendengar agar mereka bisa menggunakan ilmu psikologi dalam keseharian mereka.

Ingin mendengarkan podcast berkualitas mendalam dari APA ini? Kalian bisa mengaksesnya melalui platform-platform dibawah ini:

2. The Psychology Podcast

Dibawakan oleh Scott Barry Kaufman, podcast psikologi ini bertujuan untuk memberikan insight mengenai pikiran, otak, perilaku, dan kreatifitas. Dalam setiap episodenya, Barry mengundang para pembicara relevan dengan topik episode itu.

Rata-rata episodenya berdurasi lebih dari 1 jam. Durasi episodenya yang lama mungkin sedikit menakutkan, tetapi dirinya  menyertakan beberapa titik di bagian deskripsi untuk memudahkan pendengar yang ingin meloncat ke bagian-bagian tertentu.

Bahasa Inggris yang digunakan juga tidak rumit kok. Kita bisa memahami dengan mudah selama kita dulu memperhatikan di kelas Bahasa Inggris. Mereka juga berbicara dengan jelas dan pelan-pelan.

Bagi kalian yang tertarik untuk mendengarkan konten yang mendalam dan kritis ini, kalian bisa memilih beberapa platform dibawah ini:

3. Psychology in Seattle Podcast

Podcast ini dibawakan oleh Dr Kirk yang membawakan podcast yang sangat informatif ini. Kebanyakan isi dari podcastnya ditujukan kepada orang-orang yang ingin pertanyaannya dijawab oleh seorang psikolog. Beberapa episodenya menjawab email para individu yang menjadi anggota dari Patreon miliknya.

Rata-rata dari episode podcastnya berdurasi 1 jam dan ada beberapa episode pendek yang versi lengkapnya ada di Patreon miliknya.

Dirinya menjawab berbagai pertanyaan mengenai psikologi di dalam podcastnya, jadi ada kemungkinan kamu bakal menemukan topik yang menarik buat kamu. Dari etika sampai DPD yang belum terlalu dikenal oleh umum.

Untuk mengakses konten podcast ini, kalian bisa memilih platform dibawah. Namun, kalian bisa mengakses lebih banyak konten (dengan membayar) melalui platform Patreon miliknya.

4. Psychology in 10 Minutes

Dibawakan oleh David B. Feldman, podcast ini berisi informasi-informasi pendek mengenai isu-isu dunia dan dikaitkan dengan pengetahuan psikologi miliknya. Topik-topik darinya antara lain: Psychology, social science, politics, dan kesehatan mental.

Seperti namanya, rata-rata episodenya berdurasi 10 menit.

Dia membawakan episodenya dengan bahasa Inggris hiperbolik, alias dilebih-lebihkan. Namun, bahasa Inggris yang hiperbolik ini bukan tanpa alasan. Dia kerap kali memberikan cerita sesuai konteks, dan dia juga menggunakannya untuk memperkuat benang merah dari topiknya.

Punya waktu luang? Dengarkan podcast mereka yang asik ini melalui platform berikut:

5. The Psych Files

Meskipun sekarang channel podcast ini tidak memiliki episode baru, bukan berarti konten mereka sudah tidak relevan lagi. Sebelum berhenti di awal tahun 2020, mereka sudah meriliskan 340 episode berkualitas bagi dunia.

Podcast ini cocok bagi semua orang yang ingin memahami psikologi dasar. Durasi rata-rata dari episode podcastnya sektar 20-40menit, cocok untuk didengarkan saat beristirahat atau berolahraga.

Michael Britt, Ph.D., membawakan berbagai topik psikologi dan menggunakannya pada keseharian kita. Dia membacakan episode podcastnya dengan ramah dan santai. Dirinya juga berusaha lebih dalam memecah ide-ide sulit menjadi bahasa yang mudah untuk dipahami.

Tertarik untuk belajar psikologi dasar yang dikemas secara mudah? Akses podcast mereka melalui link berikut:

6. The Hidden Brain

Podcast ini dimulai sejak tahun 2015 oleh Hostnya Shankar Vedantam. Podcastnya memiliki cara yang menarik dalam membawakan kontennya. Mereka menghubungkan sains dan psikologi untuk menjelaskan perilaku manusia yang seringkali tidak jelas.

Durasi dari episode podcast ini rata-rata diantara 30-60 menit. Cocok untuk mengisi waktu kalian yang ingin belajar sambil membersihkan isi rumah atau merasa produktif saat bersantai.

Kenapa kamu perlu mendengarkan podcast ini? Dengan mendengarkan dan memahami aksi dibalik tindakanmu, kamu bisa memahami diri dengan lebih baik.

Kalian bisa memilih platform-platform dibawah untuk mengakses konten menarik ini:

7. Pop Psych 101

Podcast yang dimulai dari tahun 2018 ini sudah mengantongi sekitar 99 episode podcast. Episode mereka terbagi menjadi tiga musim, setiap musim membawakan host yang baru dari musim sebelumnya.

Podcast ini merupakan usaha mengedukasi dan menormalkan kesehatan mental dari sepasang terapis. Hostnya Ryan Engelstad dan Hayley Roberts membicarakan kesehatan mental dan gangguannya melalui kacamata pop culture.

Pembicaraan mereka mengalir seperti air. Terkadang suasana bisa menjadi sangat serius, tapi juga bisa menjadi sangat kocak. Rata-rata episode mereka berdurasi sekitar satu jam dan terlihat kalau mereka benar-benar menikmati topik pembicaraannya.

Kalian bisa mengikuti dan mendengarkan podcast mereka melalui platform-platform berikut:

Pastinya ada juga podcast-podcast lain yang bisa kalian temukan, tapi ini hanya rekomendasi dari saya. Kalau kamu punya podcast psikologi yang kamu senangi, boleh ditulis di kolom komentar!

Artikel Terkait

Leave a Comment