Image default

4 Rekomendasi Podcast Psikologi Indonesia Terbaik

Zaman sudah berubah, masyarakat dan generasi muda mulai bertransisi ke podcast. Alasannya simpel, mereka ingin mengisi kegiatan-kegiatan simpel mereka dengan sesuatu yang lebih berguna.

Anak-anak suka podcast karena belajar sesuatu yang baru, tapi rasanya seperti didongenkan oleh orang lain. Terkadang, konten dari podcast ini dianggap lebih serius dibandingkan nasihat orang tua mereka sendiri.

Media platform yang booming dicampur dengan ilmu yang selalu berguna, yaitu Psikologi. Lahirlah berbagai podcast keren yang membahas psikologi, baik dari luar negeri atau dalam negeri. Berikut beberapa rekomendasi podcast psikologi lokal dari kami!

1. DisKo

DISKO atau Diskusi Psikologi, adalah kolaborasi antara komunitas Into The Light dengan KBR Prime. Siaran ini mendorong dihapuskannya stigma terhadap individu dengan gangguan mental. Dalam setiap episode pada podcast mereka kerap kali menghadirkan narasumber yang berkaitan dengan topik itu.

Podcast ini banyak menggunakan bukti ilmiah sehingga podcast ini bisa dibilang kredibel dan terpercaya. Hal ini meningkatkan kualitas podcast mereka dibanding podcast lain yang hanya cerita-cerita make opini atau data yang tidak faktual. Kalian bisa melakukan cross check jika kalian tidak percaya dengan konten mereka.

Setiap episode DisKo itu asik dan berlangsung selama 20 menit-an. Mendengarkan podcast mereka sangat seru, soalnya seperti mendengarkan diskusi dua orang pinter di kelas. Topiknya ya pastinya seputar Psikologi dan berguna untuk kedepannya.

2. Catatan Psikologi (@catatan_psikologi)

Podcast catatan Psikologi adalah salah satu podcast tema psikologi terbesar di Indonesia yang didirikan oleh “Kang Jay”. Mereka memiliki banyak akun media sosial dari Twitter, TikTok, sampe Telegram. Selain podcast, mereka rutin mengadakan webinar, konseling online, dan upload informasi-informasi psikologi yang ngetren di IG.

Channel ini (apalagi IGnya) Aku merekomendasikan buat temen-temen apapun latar belakang kalian. Bagi kalian yang sedang kuliah di jurusan psikologi, konten mereka dapat menambah wawasan seputar issue terkini di dunia psikologi. Kontennya juga terkadang membicarakan tentang curhatan anak kuliah dan kehidupan mereka.

Episode podcast mereka sekitar 15 menit, tema-tema yang mereka pilih itu pasti erat dengan topik yang sedang viral atau sedang mereka lalui. Saya percaya kalau informasi dari mereka itu bisa dipertanggungjawabkan, sayangnya di postingan IG mereka tidak mencantumkan sumber.

3. Psikologid (@psikologid)

Komunitas Psikologi Digital yang didirikan oleh Daud Antonius menghadirkan episode-episode pendek dibawah 10 menit bagi kita yang sibuk. Mereka banyak membahas topik psikologi antara lain: Psikologi Aplikatif, pengembangan diri dan kesehatan mental.

Karena episode mereka yang cenderung pendek, kamu bisa dengan mudah memutar satu episode dan muncul dengan lebih pintar didepan teman-temanmu. Konten mereka tidak banyak berbelit-belit dan kompleks. Informasi, masalah, dan diikuti solusi. Cocok bagi kalian yang ingin suntikan informasi yang cepat.

Channel ini lebih condong ke informatif dibandingkan hiburan, yang sangat saya suka. Bagi kalian yang aktif di IG, kalian bisa nemuin mereka di @psikologid. Konten mereka rasanya seperti diajari anak pintar yang dipaksa satu kelas untuk menyampaikan materi.

4. Bincang-Bincang Psikologi

Dipimpin oleh Dinar Wulandari, podcast Bincang-Bincang Psikologi membicarakan permasalahan terkini dari kacamata psikologi. Selama sekitar 15 menit, kamu bisa dapet pandangan psikologi tentang topik tertentu.

Beberapa topik yang saya sukai adalah “Cinta atau Ketergantungan, Attachment in Relationship dan Mengatasi Overthinking.” Informasi yang dibawakan juga dibuat dalam bahasa yang mudah dan singkat, biar gampang pahamnya. Dia juga memakai informasi yang didapatkan melalui riset yang dicarinya.

Episodenya bagus sih, dia ngasih contoh, teori, dan pastinya informasi. Rasanya seperti dengerin video youtube tanpa gambarnya, jadi kualitasnya emang bagus sih.

Akhir Kata:

Podcast dan semua outlet informasi perlu kita terima “with a grain of salt” alias secara skeptis. Hanya karena mereka bilang “A” bukan berarti “A” itu pasti benar. Jadi kalau misalnya kamu curiga info mereka benar atau nggak, coba kalian cari studi para ahli untuk memastikan kebenarannya.

Tapi podcast ini asik-asik semua kok, kalian bisa dengerin informasi yang berguna dalam waktu yang singkat. Kalau kamu, ada podcast psikologi yang recommended nggak nih?

Artikel Terkait

Leave a Comment