Image default

9 Rekomendasi Manga dengan Tema Psikologi!

9 Rekomendasi Manga tema Psikologi

Semakin lama belajar psikologi, saya menjadi semakin sadar kalau ilmu tersebut merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Hampir setiap hal di dunia ini bisa dikaitkan dengan ilmu psikologi.

Penerapan dan konsep dari ilmu tersebut menjadi mudah ditemui dalam segala aspek kehidupan. Bahkan konsep yang sama dipakai dalam membuat cerita fiksional itu mulai digemari oleh remaja-remaja di seluruh dunia. Berikut beberapa rekomendasi manga psikologi dariku!

1. Dr Frost

Dr Frost
Sumber : webtoons.com

Dr Frost merupakan cerita webtoon tentang psikologi, Dia sosok psikolog yang genius. Bisa dikatakan kalau dirinya seperti Sherlock Holmes tetapi masuk jurusan psikologi. Dr Frost menggunakan ilmu psikologinya dan filosofinya untuk memecahkan teka-teki serta gangguan mental yang dimiliki manusia.

Jadilah saksi nyata kehidupan Dr Frost yang menjalani kesehariannya sebagai detektif yang menggunakan ilmu psikologi untuk memecahkan kasusnya. Dari menggunakan ilmu CBT dan Ujian Psikologi nyata untuk menyembuhkan gangguan mental, dan lain sebagainya.

Kenapa aku menyarankan webtoon ini? Karena Dr Frost merupakan salah satu cerita fiksi yang sangat dekat dengan kenyataan. Membaca Dr Frost terasa seperti bermain dan belajar psikologi.

2. From Now On We Begin Ethics

From Now On We Begin Ethics
Sumber : anime-planet.com

Mirip dengan Dr Frost, manga ini yang wajib dibaca untuk mempelajari pentingnya psikologi komunikasi dan psikologi sosial dalam kehidupan seseorang. Membaca manga ini seperti belajar bersama dengan guru atau dosen yang kita kagumi. Kegiatan pembelajaran yang membosankan menjadi menarik dan menyerap perhatian kita.

Manusia seharusnya mampu bertindak secara bebas, toh kita juga tidak diwajibkan untuk mengikuti seluruh aturan atau tatanan sosial yang ada. Namun, mengabaikan aturan yang sudah ada akan menimbulkan banyak konsekuensi bagi kita. Maka dari itu, masyarakat mengembangkan sesuatu yang bernama etika Manga ini seperti memperdalam kenapa etika itu ada, dan kenapa kita harus mempertimbangkannya sebelum melakukan apapun.

3. I Sold My Life for 10K Yen Per Year

I Sold My Life for 10K Yen Per Year
Sumber : mncgramedia.id

Manga dengan genre psikologi yang terbaik ini menceritakan tema-tema yang dibahas didalam mata kuliah RPM atau Rentang Perkembangan Manusia, khususnya cara seseorang menghadapi kematian. Sayangnya, aku tidak bisa menceritakan lebih lengkap tanpa membocorkan seluruh ceritanya, jadi aku saranin untuk langsung membaca manga ini.

Menurutmu, seberapa berharga hidupmu? Apakah kamu akan menjual kesehatan, waktu, atau rentang hidupmu demi uang sekejap. Manga ini menempatkan protagonis kita yang menjual rentang waktunya demi uang. Karena keputusannya, kehidupannya mendadak berubah.

4. Frieren: Beyond Journey’s End

Frieren: Beyond Journey's End
Sumber : animeunited.com

Rekomendasi manga psikologis selanjutnya, berkisah tentang orang mendoakan kita untuk panjang umur, tetapi umur yang panjang juga datang dengan kerugiannya tersendiri. Frieren, heroine kita merupakan karakter yang memiliki umur yang panjang. Namun, umurnya yang panjang itu akan menuntunnya kepada kenyataan yang pahit dan menyedihkan.

Kita akan mempelajari bagaimana teman-teman seperjuangan Frieren akan menerima akhir dari cerita mereka serta cara Frieren belajar untuk menghadapi kepergian mereka. Ada juga beberapa bagian yang mengajar cara kejadian, lokasi, atau sebuah barang bisa menciptakan nostalgia.

5. BERSERK

BERSERK
Sumber : cbr.com

Manga yang wajib dibaca ini bercerita tentang seorang yang bernama Guts. Dia bukanlah seorang pahlawan yang sudah terlalu kita sering lihat di cerita fiksi. Manga ini belum tamat karena banyak episode yang ada, kedalaman cerita yang ditunjukkan, dan kepulangan Kentaro Miura.

Meskipun kita tidak akan belajar ilmu psikologi semudah seperti saat membaca Dr Frost dan From Now On We Begin Ethics, BERSERK akan tetap aku rekomendasikan. Kontennya memang tidak akan cocok dengan semua orang, tetapi kita bisa mempelajari pengalaman masa kecil akan memengaruhi masa depan.

Perkembangan kepribadian Guts menjadi seorang anak biasa, menjadi prajurit elit yang mampu mengalahkan puluhan makhluk dengan satu ayunan pedangnya.

6. Boys Abyss: Suicide Ideation Warning

Boys Abyss: Suicide Ideation Warning
Sumber : mangaclash.com

Apakah kamu pernah merasa terkurung dan ingin melarikan diri?

Ini adalah tema manga psikologis yang menceritakan tentang merasakan hal yang sama. Dirinya tidak pernah merasa bisa memiliki masa depan yang cerah tanpa kabur dari kota masa kecilnya. Kehidupan keluarga, sosial, dia merasa kalau hanyalah dia yang sengsara.

Psikologi klinis, sosial dan pengaruh lingkungan terhadap cara kita memandang dunia akan menjadi sesuatu yang akan sering kamu temui di rekomendasiku. Kita akan mengobservasi pengembangan psyche tokoh utama kita dan tokoh yang mengelilinginya.

7. Homunculus

Homunculus
Sumber : aminoapps.com

Akankah kamu akan membenarkan kepribadian orang lain apabila tidak diminta? Hanya karena kamu bisa melihat “bentuk” kepribadian mereka?

Psychological manga ini berjudul Homunculus dimulai dengan tokoh utama kita yang, melalui sebuah operasi mendapatkan kemampuan untuk melihat “Homunculus” atau manusia yang berada didalam seseorang. Singkatnya, dia bisa melihat lebih dari sekedar penampilan seseorang. Dengan kemampuannya, Ia mulai bertindak dan mencoba untuk “merubah” kepribadian-kepribadian milik orang-orang yang dia temui.

Manga ini memiliki adegan yang tidak cocok untuk anak-anak. Ada bagian dewasa, darah, operasi, dan beberapa gambar yang bisa membuatmu merasa tidak nyaman. Namun, manga ini mengajarkan cara psikologi kepribadian bisa dipengaruhi oleh lingkungan dan sebaliknya.

8. My Broken Mariko

My Broken Mariko
Sumber : manga-news.com

Manga psikologis ini berbentuk One-Shot, dalam artian bahwa hanya ada satu episode saja. Meskipun begitu, one-shot ini memiliki dampak yang besar kepada para pembacanya. Manga ini memiliki konten yang mungkin tidak cocok untukmu (kematian, self-abuse, child abuse, dll), sebagai peringatan saja.

Kehidupan terasa nikmat ketika dunia kecil kita, dari teman-teman, orang tua, dan keluarga tidak berubah. Namun, kenyataan akan selalu membawa pesan yang pahit kepada mereka yang bahagia. Seperti perubahan dunia Tomoya Shiino dan temannya Mariko yang akan segera berubah.

9. Oyasumi Punpun

Oyasumi Punpun
Sumber : pinterest.com

Onodera Punpun adalah salah satu manga psikologis terbaik yang bercerita tentang seseorang yang banyak berpikir, tetapi sedikit berbicara. Sebagai anak kecil dirinya seperti sudah memahami dunia dan menanyakan banyak pertanyaan filosofis layaknya remaja.

Manga ini bukanlah sesuatu yang bisa saya rekomendasikan kepada semua orang. Topik-topik dewasa (pembunuhan, kekerasan, seks, dll) banyak muncul di manga ini, meskipun pembuat manganya sudah “menyensor” adegan-adegan tersebut agar masih bisa dibaca.

Sebuah karya seni yang nihilistik dan mengajarkan cara lingkungan bisa memengaruhi kita. Dimulai dari cara kita diperlakukan oleh orang tua, teman-teman, dan juga orang-orang yang kita cintai. Psikologi sosial dan perkembangan psyche dari Punpun merupakan sesuatu yang sangat menarik dan menegangkan.

Kata-Kata Penutup

Tema psychological dalam anime maupun manga selalu dekat dengan thriller dan horror. Namun, inilah beberapa manga yang memiliki hubungan yang dalam dengan ilmu psikologi dan sangat aku rekomendasikan. Urutan ini disusun dari manga yang paling mudah untuk dibaca sampai yang paling “berbahaya”.

“Berbahaya” bisa berarti jumlah konten dewasa yang ada didalamnya yak. Ada banyak manga dan anime lain yang bisa kusarankan, tetapi 9 manga ini merupakan beberapa yang sangat kusukai. Selamat membaca!

Artikel Terkait

1 comment

Thomas Cruise September 14, 2021 at 4:00 PM

Wah keren-keren banget rekomendasinya. Boleh nih hubungin psikologi sama medium lain kayak lagu atau painting atau game:)

Reply

Leave a Comment