Image default

Psikologi Sosial: Pengertian, Penerapan, dan Cakupan

Kenapa dia berperilaku seperti itu? Mengapa ada pemimpin yang baik dan buruk? Apakah aku cerminan dari lima orang terdekatku?

Itulah beberapa pertanyaan yang dijawab di psikologi sosial. Ilmu ini membahas isu yang memberikan dampak signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Salah satu isu terkenal di Psikologi Sosial adalah analisis alasan terjadi “bullying”. Sebuah topik yang menjadi masalah besar bagi penduduk dunia.

Psikologi sosial

Jadi, Apa Itu Psikologi Sosial?

Menurut Gordon Allport, psikologi sosial menggunakan metode saintifik untuk memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan, dan perilaku dipengaruhi oleh dari keberadaan orang lain.

Jadi, psikologi sosial adalah tentang pemahaman perilaku seseorang dan bagaimana hal tersebut dipengaruhi oleh lingkungan sosial saat perilaku itu terjadi. Seperti, kenapa anak yang pemalu saat di sekolah tiba-tiba menjadi percaya diri di rumahnya?

Mungkin kamu juga sudah sadar kalau orang lain memiliki peran besar terhadap caramu berperilaku dan mengambil keputusan. Coba kamu bandingin tingkah lakumu di sebuah situasi saat kamu sendirian, dan ketika ada orang-orang lain.

Kalau perbedaannya sangat kecil, mungkin keputusanmu tidak terpengaruh oleh jumlah orang di sebuah ruangan, tetapi oleh identitas mereka. Sebagai contoh, kamu lebih berhati-hati ketika bertindak di depan orang asing dibandingkan saat hanya bersama teman akrab.

Sudah paham dengan definisi Psikologi Sosial? Sudah tahu juga tentang pengertian psikologi? Sekarang kita lihat penerapannya yuk!

Penerapan Psikologi Sosial

Nah, meskipun Psikologi Sosial sering condong ke bidang akademis, riset di bidang ini memberi dampak besar terhadap pemahaman kita terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan.

Sebagai contoh, riset pada konformitas membantu kita dalam memahami alasan dibalik para remaja yang berusaha keras agar cocok di kelompok mereka.

Ada remaja yang ikut merokok agar merasa lebih cocok dengan kelompoknya. Ada juga yang melakukan tindakan yang mengancam kesehatan dan masa depan seperti minum alkohol dengan jumlah yang tidak wajar, tindakan kriminal, membeli barang yang dilarang, dan lain-lain.

Pemahaman atas topik ini membantu para psikolog dan badan masyarakat lain ketika mengembangkan program kesehatan masyarakat dan pendekatan saat merawat para remaja. Program seperti ini dapat membantu mereka dalam menolak perilaku berbahaya.

Karena Psikologi Sosial terlihat bisa diterapkan pada banyak hal di hidup, cakupannya apa saja ya?

Cakupan dari Psikologi Sosial

Psikologi mencakup banyak topik-topik sosial seperti:

  • Perilaku kelompok
  • Psikologi cinta
  • Persepsi Sosial
  • Kepemimpinan
  • Perilaku non-verbal
  • Konformitas (perilaku mengikuti aturan, norma, keputusan mayoritas, dll)
  • Agresi
  • Prasangka

Perlu diingat juga bahwa Psikologi Sosial tidak hanya mengamati pengaruh sosial. Persepsi dan interaksi sosial juga tidak kalah penting dalam memahami perilaku sosial manusia.

Cara kita melihat orang lain (dan cara kita berpikir bagaimana mereka melihat kita) dapat berperan besar dalam berbagai tindakan dan keputusan.

Pikirkan saja saat-saat ketika anda berperilaku berbeda saat di kerumunan dan di rumah. Mungkin saat di rumah anda lebih ekspresif dan ramai, sedangkan saat di kerumunan anda lebih tenang dan santai.

Nah alasan dibalik itu apa ya?

Well, fenomena ini disebabkan oleh orang-orang disekitar kita yang secara langsung/tidak langsung memengaruhi pikiran, perasaan, mood, dan persepsi kita. Keberadaan mereka mampu menghasilkan perbedaan dalam pilihan dan aksi yang kita lakukan.

Artikel Terkait

Leave a Comment