penampilan alpha girl

Perspektif Alpha Girl Mengenai Penampilan dan Profesionalitas, Part 2

Di part 1 tentunya kamu sudah mengetahui asal usul dan definisi alpha girl, kemudian terdapat penjelasan apa saja perspektif seorang alpha girl. Salah satu perspektif alpha girl yakni mengenai penampilan dan profesionalitas yang dibahas dalam buku Alpha Girl’s Guide.

Berbicara profesionalitas tentunya hal ini akan dilalui setiap orang dalam fase kehidupannya. Baik pria maupun wanita, akan memikirkan bagaimana bersikap professional. Dalam buku alpha girl menjelaskan perspektif wanita dalam profesionalitas (semacam buku pedoman). Selain membahas mengenai profesionalitas, artikel ini membahas mengenai perspektif alpha girl dalam penampilan. Penampilan tentunya berkaitan dengan profesionalitas. Seseorang yang professional tentu dapat memperhatikan penampilan sesuai situasi dan kondisi. Berikut penjelasan mengenai profesionalitas dan penampilan.

Alpha Professional

Ini berkaitan dengan wanita yang sedang memasuki dunia kerja atau baru saja mendapat pekerjaan pertama. Perlu diketahui bahwa karir pertama sangat penting, karena membantu untuk memperlancar karir ke depan dan jika berpindah tempat kerja mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang bagus juga. Untuk mendapat pekerjaan pertama yang bagus bisa dari nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) serta aktif mencari informasi pekerjaan. Kemampuan berbahasa inggris merupakan nilai tambahan, oleh karena itu belajar Bahasa inggris sejak dini untuk membantu karirmu. Untuk pekerjaan pertama, yang terpenting adalah perusahaan yang bagus terlebih dahulu baru kemudian job description yang sesuai. Jika job desc tidak sesuai yang diinginkan, nanti ada opsi untuk pindah divisi jika sudah diterima di perusahaan tersebut.

Ada pula istilah management trainee. Management trainee adalah program pencarian calon manajer masa depan. Program ini biasanya untuk freshgraduate terbaik dari universitas ternama. Para kandidat yang terpilih akan mengikuti on the job training, belajar sambal bekerja dan diperkenalkan fungsi perusahaan selama 1-2 tahun. Di program ini ada kurikulum yang harus diikuti peserta dan ada ujian berkala serta ujian akhir untuk membuktikan peserta sudah cukup sesuai ekspektasi perusahaan atau belum. Jika lulus dalam program ini akan menduduki posisi assistant manager. Jika memiliki akademik yang bagus dapat mengikuti program ini.

Skill yang penting dalam bekerja :

  1. Berani bertanya
  2. Mampu beradaptasi dengan kultur perusahaan
  3. Communication skill
  4. Presentation skill
  5. Mendengarkan dan mencatat yang baik
  6. Gigih dan ulet (tidak gampang pindah kerja)

Hal yang menghambat karir :

  1. Tidak tepat waktu
  2. Bermain smartphone di jam kerja yang tidak berkaitan dengan pekerjaan
  3. Gosip tentang rekan kerja/atasan
  4. Tidak bersikap sopan

Jika alpha girl melakukan kesalahan di tempat kerja maka mau mengakui kesalahannya dan menyiapkan solusi lalu mengkonsultasikannya dengan pihak terkait. Kesalahan bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi alpha girl. Berganti karir pun bukan hal yang tabu, dan sebaiknya diawal karir, jika terlalu lama akan sulit untuk diterima perusahaan lain. Pun keputusan berganti karir bukan karena alasan emosional semata. Sering kali tidak bisa membedakan tidak cocok dengan bidang karena bekerja di perusahaan yang salah atau merasa lelah karena pekerjaan. Jika lelah karena pekerjaan tentunya semua pekerjaan juga memiliki beban tersendiri. Jika tidak cocok dengan perusahaan, bisa berganti divisi. Sebelum memutuskan untuk berganti karir perlu bertanya dengan senior yang berpengalaman terlebih dahulu.

Sukses tidak hanya dari kerja keras dan mental yang kuat. Kesuksesan bisa datang karena adanya keberuntungan, doa-doa yang terkabulkan, dan kebaikan yang terbalas. Dengan menyadari hal ini, perlu diingat bahwa alpha girl jika telah sukses tidak berperilaku sombong dan tetap rendah hati. Jika alpha girl mengalami kegagalan tidak melulu harus mengutuki dirinya sendiri, tetap introspeksi dan ambil solusi atas kegagalan tersebut. Tentunya saat berkarir juga diskusi dengan pasangan, namun bukan berarti pasangan menghalangi impian alpha girl. Pasangan yang baik akan mendukung dan menemani apapun pilihan yang baik bagi wanitanya.

Alpha Look

First impression memang penting. Orang pasti pertama kali melihat adalah penampilan kita. Ajining diri ana ing lathi, ajining rogo ana ing busono begitulah pepatah jawa mengatakan yang artinya harga diri sesorang dari lidahnya(perkataannya), harga diri badan dari pakaian. Jadi memang, berpenampilan baik itu penting, menunjukkan kita menghargai diri kita, mampu merawat diri dengan baik sehingga orang lain juga menghargai kita. Alpha girl tentunya tidak hanya berfokus dengan internal dirinya tetapi tampilan dirinya juga tidak kalah penting dan bisa menunjang kesuksesan.

Setiap orang diciptakan berbeda-beda, tidak semuanya memiliki kecantikan yang sama. Walaupun tidak cantik, kita tetap bisa tampil menarik, menarik tidak harus cantik. Menarik dengan cara mampu merias wajah sebaik mungkin dan tidak berlebihan, mampu berpakaian yang sesuai kondisi, percaya diri. Tampil menarik juga bersamaan dengan menjaga kesehatan. Kulit sehat dan badan sehat akan membuat tampilan energik dan lebih semangat.

Menjadi Alpha Girl Yang Sehat

Tidak perlu fokus dengan diet, tetapi fokuslah menjadi sehat dengan makan-makanan bergizi yang seimbang. Jika sehat maka berat badan yang ideal akan menjadi bonus. Mulailah dengan mengubah menu makan dan jam makan yang teratur.

Saat ini ada istilah mager (malas gerak). Hal itu tidaklah baik jika ingin memiliki pola hidup sehat. Kecanggihan teknologi membuat semakin mudah tetapi membuat kita semakin kurang gerak. Jika ada lift pasti akan memilih lift daripada tangga. Padahal bergerak itu tidak hanya terbatas pada olahraga saja melainkan dengan melakukan aktivitas fisik kecil seperti menaiki tangga, berjalan kaki jika jarak tempuh dekat, beberes rumah. Jika ada kesempatan bergerak maka bergeraklah, tidak perlu harus menunggu waktu luang untuk olahraga.

Banyak orang mengira semakin sedikit tidur maka akan tersedia waktu lebih banyak untuk produktif. Hal tersebut tidaklah benar. Jika kekurangan waktu tidur, tubuh akan merasa mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. Tidur sejatinya dengan waktu yang cukup sehingga membuat tubuh me-recharge energi. Jam tidur yang tidak teratur juga berdampak bagi Kesehatan. Begadang pun juga tidak baik jika dilakukan selalu sering, selain berdampak Kesehatan, berdampak pada berat badan, begadang membuat tubuh merasa lapar sehingga perlu konsumsi makan berlebih. Perlu mengetahui siklus sirkadian tubuh (ritme yang mengatur jam biologis tubuh). Bermain gadget sebelum tidur juga mempengaruhi kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik yakni nyenyak ketika tidur, tidak terbangun di tengah jam tidur, durasi tidur yang cukup.

Selain pola hidup sehat, penampilan ada hal lain lagi yang tidak kalah penting, yakni postur tubuh. Postur tubuh yakni ketika berjalan/duduk tidak membungkuk dan selalu tegak. Postur yang tegak membuat kita terlihat percaya diri. Dalam hal berbusana juga perlu menyesuaikan tempat dan nyaman dikenakan. Pun dalam hal make-up untuk tidak berlebihan agar tidak terlihat tua serta sesuai dengan warna kulit, aman dan nyaman. Penampilan baik dan senyum yang tulus membuatmu akan terlihat menarik bagi orang lain.

Referensi:

Manampiring, H. (2015). The Alpha Girl’s Guide. Jakarta: GagasMedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *