Image default

Apa Saja Sih Peluang Kerja Jurusan Psikologi? Ini 10 Pilihan Menarik

Oit! Pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan beberapa peluang kerja jurusan Psikologi. Artikel ini cocok buat kamu yang penasaran dengan prospek kerja jurusan Psikologi atau kamu yang udah masuk Psikologi tapi bingung mau jadi apa.

Oke, mungkin dimulai dari kualitas yang kita punya sebagai anak psikologi ya.

Kualitas Anak Psikologi

Mahasiswa psikologi punya keahlian lain lho selain jadi tempat curhat gratis. Mahasiswa yang berkuliah di jurusan Psikologi memiliki pemahaman yang kuat mengenai perilaku, motivasi, emosi, dan pola pikir manusia. Mereka juga memiliki kemampuan menulis, berbicara dan presentasi yang optimal.

Namun, ilmu Psikologi saat ini lebih condong ke sisi saintifik. Hal ini membuat banyak perkuliahan mengajarkan mahasiswanya cara memakai software untuk menghitung data kuantitatif dan menganalisisnya.

Ya, setidaknya itulah yang diharapkan oleh para rekruter perusahaan besar. Namun, aku percaya bahwa tidak semua orang akan langsung mencapai keinginan para rekruter itu saat baru saja lulus.

Semua ada proses dan banyak jalan yang berbatu. Terlebih lagi pilihan karir bagi lulusan psikologi juga bergantung kepada kemampuan individual, minat, dan juga prinsip yang kamu miliki.

Oke, saatnya kita bahas beberapa peluang kerja jurusan Psikologi.

Peluang kerja jurusan psikologi

1.  Staff HR (Human Resources)

Kemungkinan besar kamu sudah tahu bahwa banyak lulusan psikologi yang menjadi staff HR.

Sebagian besar kegiatanmu adalah: merekrut dan melatih karyawan, memberi konseling untuk para pekerja, negosiasi kontrak, menengahi konflik personal, mengolah program, dan menetapkan kebijakan/standar untuk manajemen karyawan.

Para lulusan psikologi yang mengambil PIO (psikologi industri/organisasi) akan mendapatkan pengetahuan lebih mengenai dinamika di tempat kerja. Jurusan psikologi membantu mahasiswanya mengembangkan kemampuan wawancara dan kemampuan untuk menilai kualitas karyawan yang melamar. Mereka juga cenderung memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi.

Para staff HR seringkali melakukan asesmen, evaluasi, dan riset pada karyawannya. Karena kegiatan diatas, pengetahuan mengenai metode penelitiannya sangatlah berguna.

Kamu bisa mendapatkan Rp 4.500.000 per bulannya bila bekerja sebagai HR di Indonesia.

2.  Social Worker

Peluang kerja jurusan psikologi ini sangat cocok karena memakai materi yang diajarkan di psikologi seperti perilaku manusia, hubungan sosial, adiksi, gangguan kepribadian, dan motivasi. Pekerjaan ini akan melibatkan pelatihan profesional untuk intervensi pada klien yang membutuhkannya. Para lulusan psikologi akan mempelajari program Social Work pada bidang klinis agar bisa memberikan terapi terhadap klien mereka.

Kemampuan apa saja yang kamu perlukan?

  • Kemampuan wawancaramu akan digunakan untuk mengumpulkan informasi dan menciptakan sebuah working rapport(hubungan dan kepercayaan).
  • Kemampuan analisis akan membantumu dalam penilaian dan menciptakan solusi yang realistis/layak.
  • Kemampuan komunikasi akan membantumu saat memberikan informasi secara praktis dan menyarankan solusi pada klien.

Pekerjaan ini memiliki gaji sekitar Rp 4.500.000 per bulannya di Indonesia. Namun, angka ini bisa berubah sesuai dengan sertifikasi yang kamu miliki, maupun institusi tempat kamu kerja.

3.  Management Trainee

Di jurusan psikologi, kamu akan mempelajari motivasi, kepribadian, dan psikologi industri/organisasi yang akan membantumu saat melatih dan memotivasi karyawan.

Umumnya posisi ini mencari individu dengan kemampuan:

  • Komunikasi interpersonal yang akan dipakai untuk mewawancara, melatih dan mengevaluasi karyawan.
  • Analisis untuk melihat isu pada performa karyawan serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan produktivitas.

Mayoritas perusahaan memiliki program management training. Mereka juga mencari kandidat melalui universitas, cobalah periksa kesempatan-kesempatan yang ditawarkan kampus dan pameran mereka.

Rata-rata gaji seorang Management Trainee sekitar Rp 5.000.000 per bulannya di Indonesia.

4.  Salesperson

Peluang kerja jurusan psikologi ini sangatlah cocok bagi kalian yang telah/ingin mempelajari motivasi dan preferensi konsumen di jurusan psikologi.  Ilmu ini akan membantu para sales dalam menjual produk/layanan mereka dengan tepat!

Kemampuan interpersonal yang baik akan membuat para pelanggan merasa nyaman, dan kemampuan verbal akan membantumu dalam memberi pesan yang jelas mengenai produk/layanan yang ditawarkan.

Para lulusan bisa langsung melamar pekerjaan ini setelah lulus kuliah. Namun, disarankan untuk mengikuti kursus bisnis tambahan, membuat proyek psikologi yang berkaitan dengan bisnis, dan magang yang sesuai untuk menjamin posisimu.

Aku sering diceritakan oleh teman-teman kalau para lulusan psikologi yang menjadi sales seringkali dipromosikan menjadi trainer sales. Kenaikan pangkat ini akan lebih sesuai dengan kemampuan dan ilmu yang diperoleh.

Pekerjaan ini digaji dengan rata-rata Rp 4.000.000 per bulannya di Indonesia. Namun, angka ini bisa berubah sesuai dengan properti yang dijual.

5.  Penggalang Dana

Para lulusan psikologi seringkali pintar dalam membaca orang lain dan mereka juga pintar membaca situasi untuk mengetahui saat yang tepat untuk meminta donasi.

Apa saja skill yang diperlukan?

  • Kemampuan wawancara sangat berguna untuk mengetahui ketertarikan dari para calon donatur yang berhubungan dengan organisasi mereka.
  • Kemampuan berkomunikasi juga diperlukan untuk menjelaskan cara kontribusi para donatur dapat membantu visi/misi acara tersebut.

Kemampuanmu sebagai seorang penggalang dana biasa diasah oleh organisasi yang kamu ikuti semasa kuliah psikologi. Khususnya ketika kamu diminta untuk mencari sponsor untuk acaramu. Karena hampir semua acara akan membutuhkan sponsor, kemampuan ini akan selalu relevan!

Pekerjaan ini akan menggajimu sebesar Rp 3.600.000 per bulannya di Indonesia. Namun, angka ini bisa berubah sesuai dengan besarnya organisasi atau jenis acara.

6.  Research Analyst

Sekarang, ada banyak perusahaan startup yang mencari anak Psikologi sebagai salah satu staff UI/UX Researcher mereka lho. Mereka mencari lulusan psikologi yang memiliki keunggulan dalam metodologi penelitian. Kemampuan ini sangat berguna dalam menciptakan desain studi, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menciptakan kesimpulan dari itu semua. Pekerjaan lain yang berkaitang dengan bidang ini salah satunya ada Market Research Analyst. Hal-hal yang berkaitan dengan penelitian dengan metodenya yang digunakan untuk kepentingan praktis saat ini sering digunakan. Kondisi saat ini banyak pengambilan keputusan berdasarkan data dan penelitian.

Para lulusan psikologi mempelajari psikologi sosial dan motivasi, yang membantu mereka memahami cara pelanggan menciptakan preferensi dan keterikatan terhadap sebuah produk. Terlebih lagi, kemampuan wawancara mereka sangat berguna untuk menciptakan dan menjalankan kelompok studi.

Tentunya, Jika kamu tertarik untuk meningkatkan peluangmu diterima sebagai Research Analyst cobalah mengikuti magang dibagian RnD (Research and Development) atau Unit/Divisi Penelitian disaat kamu kuliah. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalamanmu di bidang research.

Pekerjaan ini digaji Rp 4.500.000 – Rp 7.000.000 per bulannya di Indonesia.

7.  Public Relations Specialist

Seringkali dikenal dengan nama Humas, pekerjaan seorang PR specialist tidaklah mudah.

Peluang kerja lulusan psikologi ini memerlukan para individu dengan berbagai macam kemampuan untuk membantu organisasi dan kliennya, seperti:

  • Kemampuan interpersonal untuk menciptakan hubungan baik dengan media agar mereka menuliskan cerita mengenai organisasi milikmu atau organisasi milik klien.
  • Kemampuan wawancara agar mampu mengumpulkan informasi dari para karyawan sebagai fondasi jumpa pers.
  • Kemampuan menulis cerita yang meyakinkan para editor dan reporter untuk meliput perkembangan klien mereka.

Karena para lulusan juga mempelajari pembentukan sifat melalui psikologi sosial, mereka juga ditugaskan untuk mengurus konflik serta isu-isu yang dapat mempengaruhi nama baik organisasi/perusahaan. Para lulusan juga dianggap mampu menciptakan strategi-strategi yang efektif untuk membangun ataupun melestarikan nama baik perusahaan.

Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi PR, disarankan untuk kegiatan-kegiatan yang menuntut tulisan berkualitas seputar kampus. Carilah pengalaman sebanyak mungkin dalam kegiatan kampus yang condong ke arah bisnis dan marketing.

Seorang yang bekerja di bidang Public Relations memiliki gaji sekitar Rp4.700.000 sampai Rp10.000.000 per bulannya di Indonesia.

8.  Psychiatric Aide

Berbekal pengetahuan yang mendasar mengenai psikologi klinis, abnormal, dan kepribadian para PA lebih mampu memahami kondisi pasien mereka. Pengetahuan ini juga berguna saat mengikuti perintah para psikiater.

Kemampuan interpersonal dan komunikasi sangatlah penting di bidang ini agar mampu membangun hubungan dengan para pasien sekaligus mendukung perawatan mereka. Bila kamu tertarik dengan bidang ini, cobalah menjadi relawan yang merawat pasien dengan isu mental.

Jika kamu tertarik dengan peluang kerja jurusan psikologi ini, kamu akan digaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000 per bulannya di Indonesia.

9.  Bimbingan Konseling

Bimbingan Konseling bukanlah hal pertama yang muncul pada pikiran orang-orang saat memikirkan jurusan Psikologi. Pada bidang ini, dirimu akan bekerjasama dengan para murid, guru, dan keluarga untuk membantu edukasi mereka. Tidak hanya itu, kamu juga akan membantu mereka melewati tantangan-tantangan yang menghambat pembelajaran mereka.

Jurusan Psikologi akan memberikanmu fondasi yang kuat mengenai teori pembelajaran, perkembangan kognitif, dan motivasi yang akan menjadi senjata utamamu.

Para lulusan psikologi perlu memiliki gelar S2/Master yang seringkali menjadi syarat utama untuk memiliki pekerjaan ini. Para pelamar bimbingan konseling umumnya perlu memenuhi syarat” sertifikasi dan praktikum di sekolah tersebut.

Untuk mengetahui informasi mendetail mengenai syarat dan ketentuan cobalah periksa syarat menjadi guru BK di daerah anda.

Para Konselor Edukasi memiliki pendapatan Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 per bulannya di Indonesia.

10. Dosen Psikologi

Seperti dugaanmu, menjadi dosen bukanlah perkara yang mudah. Kamu akan membutuhkan berbagai kemampuan untuk mendidik para mahasiswa, berkontribusi kepada dunia melalui penelitian, dan lain-lainnya.

Beberapa kemampuan yang wajib kamu miliki apabila ingin menjadi dosen adalah:

  • Kemampuan intrapersonal dan komunikasi akan membantumu dalam menciptakan hubungan yang harmonis dengan para mahasiswa dan rekan-rekan kerja.
  • Kemampuan menulis agar mampu mengajari para mahasiswa dengan optimal serta menulis kertas akademik yang berkualitas.
  • Kemampuan analisis yang tinggi. Karena seluruh pekerjaanmu berkutat di materi, kamu harus selalu kritis dan memahami materi sebelum membungkusnya dalam bentuk yang praktis.

Salah satu syarat yang wajib dimiliki pelamar adalah gelar Magister. Untuk informasi lebih detail, periksalah universitas sekitar anda yang membuka lamaran dosen psikologi di sekitar anda.

Para Dosen Psikologi memiliki pendapatan Rp 5.000.000 sampai Rp 25.000.000 per bulannya di Indonesia. Angka ini biasanya sudah ditambah dengan tunjangan dan lain-lain.

NB

Oiya, sebagai info tambahan, jangan lupa bahwa perkiraan gaji semua bidang bisa berubah. Seperti pada pendapatan dosen psikologi, jumlah itu bisa berubah sesuai dengan tunjangan yang mereka dapat, prestasi yang mereka dapatkan sebagai seorang ilmuwan, dan sebagainya.

Jadi, kalau pekerjaan incaranmu tidak memiliki angka yang fantastis jangan patah semangat ya!

Referensi

www.rencanamu.id

www.Indeed.com

Profesi/Karier Pekerja Sosial (Social Worker) – Tugas hingga Gajinya 2020

Solusi Cerdas Keuangan

Profesi Perawat Kesehatan Mental (Gaji, Tugas, Syarat, Pendidikan Kuliah)

Artikel Terkait

1 comment

Denasya Azzuhra Wibowo Maret 22, 2021 at 10:27 AM

Aku masih bingung kalo ambil psikologi mau jadi apa

Reply

Leave a Comment