wisudawan

Mau Kuliah Jurusan Psikologi? Ini Info Kuliah & Prospek Kerjanya

Tahukah kamu? Jurusan psikologi adalah jurusan yang sangat dekat dengan unsur manusia dan mental health. Jika kamu berkecimpung di jurusan ini, maka kamu akan lebih dekat dengan mempelajari berbagai macam perilaku manusia dan lingkungan. 

Jurusan yang satu ini rupanya jadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh pendaftar masuk ke perguruan tinggi. Jurusan ini dinilai punya prospek yang bagus untuk masa depan. Well, buat kamu yang lagi gundah perihal jurusan kuliah nanti, jurusan Psikologi ini bisa jadi jujukanmu lho. 

Biar kamu lebih paham dan yakin mengambil jurusan ini. Nah, sekarang waktunya kita bahas bebarengan mengenai jurusan yang satu ini. Penasaran ada apa saja? Yuk simak ulasan di bawah ini ya. 

Apa Saja yang Dipelajari Di Jurusan Psikologi?

Jurusan psikologi secara umum mempelajari tentang tingkah laku manusia, sehingga mata kuliah yang didalami akan seputar itu. Berikut beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan psikologi:

  1. Psikologi kepribadian
  2. Psikologi perkembangan
  3. Ilmu filsafat psikologi
  4. Statistika
  5. Psikologi klinis
  6. Psikometri
  7. Biopsikologi
  8. Metodologi Penelitian
  9. Konstruksi Alat Ukur Psikologi
  10. Mata Kuliah Mengenai Alat-alat Tes

Itu beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan psikologi. Oh iya, karena jurusan ini identik dengan tingkah laku manusia, jadi kamu juga akan sering melakukan observasi-observasi, cocok banget untuk kamu yang suka melakukan pengamatan secara mendalam.

Apa Saja Prospek Kerja Jurusan Psikologi?

Saat ini jurusan psikologi menjadi salah satu jurusan favorit di kalangan calon mahasiswa. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini yang menyadarkan kita bahwa mengelola stres dan mempelajari ilmu kepribadian seseorang itu penting. Selain itu, jurusan psikologi juga mempunyai banyak penjurusan ketika kuliah, dan prospek kerjanya pun banyak. 

Nah, berikut beberapa prospek kerja jika kamu ambil jurusan Psikologi:

1. Menjadi Dosen

Siapa yang tidak ingin jadi dosen, yaps rata-rata semua ingin berkarir sebagai dosen, tentu saja karena menjadi dosen salah satu profesi yang menjanjikan. Dengan mengambil jurusan Psikologi kami bisa menjadi seorang dosen di sebuah perguruan tinggi negeri maupun swasta. Namun, jika kamu ingin menjadi dosen harus melanjutkan dulu di jenjang S2 Psikologi untuk mendapat gelar M.Psi.  

2. Menjadi Guru BK (Bimbingan Konseling)

Mau jadi pengajar tapi tidak ingin melanjutkan ke jenjang S2? Nah kamu juga bisa menjadi seorang guru di sekolah, bisa menjadi guru BK (Bimbingan Konseling) atau menjadi guru umum di sekolah dasar. Jadi buat kamu yang ingin menjadi guru, cocok tuh untuk ambil jurusan ini. 

3. Menjadi Psikolog

Sudah tidak asing lagi, rata-rata lulusan Psikologi terkenal akan menjadi seorang Psikolog. Sebagai psikolog kamu akan sering bergelut dengan beberapa kegiatan, seperti menyediakan jasa psikotes, terapi dan konseling dengan metode-metode teori psikologi yang kamu dapat di kuliah.

4. Menjadi Psikoterapis

Selain bisa menjadi Psikolog, kamu juga bisa menggeluti profesi sebagai psikoterapis. Sedikit berbeda dengan Psikolog, Psikoterapis lebih banyak bergelut dengan perkembangan diri, mengubah perilaku, penyembuhan gangguan pikiran, mengatasi masalah perasaan, serta memperbaiki hubungan.

5.Recruiter di Perusahaan

Setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang recruiter. Lulusan Psikologi sangat berpeluang untuk menjadi recruiter handal untuk menganalisa SDM yang masuk di sebuah perusahaan.

6. Menjadi Konsultan karier

Tak hanya berkecimpung di dunia pendidikan saja lho. Tapi lulusan Psikologi juga bisa menjadi seorang konsultan karier. Sesuai dengan nama profesinya, menjadi konsultan dalam bidang karier pasti kamu akan sering menemui para pencari kerja dan juga kelas  profesional.

7. Menjadi Riset Pasar

Jangan salah, lulusan Psikologi juga bisa menjadi seorang Riset Pasar atau bahasa kerennya market researcher. Tugas menjadi riset pasar adalah melakukan analisa dan mencari tahu kondisi pasar, termasuk didalamnya mengamati perilaku dan selera konsumen. Jadi, teori-teori psikologi perilaku diperlukan dalam profesi ini.

8. User Experience (UX) Researcher

Lulusan jurusan psikologi juga bisa menjadi UX Researcher/analyst. Profesi ini sangat dibutuhkan di era industri seperti ini. Pekerjaan sebagai UX Researcher ini pada umumnya adalah mencari informasi dan memberikan analisis terhadap perilaku dan kebutuhan konsumen melalui produk atau layanan. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan untuk perbaikan layanan atau produk dari perusahaan. 

Tips Memilih Kampus Untuk Jurusan Psikologi

Setelah mengetahui beberapa keunggulan jurusan psikologi dan prospek kerjanya, mungkin banyak pula yang masih bingung bagaimana sih mencari kampus yang memiliki jurusan psikologi yang telah memiliki akreditasi unggul. Berikut tips yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih Kampus Swasta atau Negeri

Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah menentukan pilihan antara kampus negeri atau swasta. Kamu bisa diskusi dengan keluarga atau guru pembimbing. Sebenarnya, perguruan tinggi negeri atau swasta memiliki kelebihan masing-masing, apalagi di Indonesia sekarang banyak kampus yang mempunyai jurusan psikologi terakreditasi A. 

2. Pastikan Kampus Pilihanmu Memiliki Prodi Psikologi

Setelah menentukan pilihan, kamu wajib mencari informasi seputar Jurusan Psikologi di kampus tersebut. Pastikan kampus pilihanmu ada jurusan Psikologi, kamu bisa mengeceknya secara langsung di website kampus tersebut atau bisa menggunakan platform yang menyediakan informasi lengkap tentang kampus dan prodi seperti maukuliah.id.

3. Cari Tahu Ranking atau Akreditasi Kampus

Tak kalah penting lagi adalah mencari tahu tentang peringkat atau akreditasi kampus tujuanmu. Jika kampus yang kamu tuju memiliki akreditasi atau peringkat terbaik, kamu juga akan mendapat keuntungan setelah kamu lulus yaitu reputasi kampus. Untuk mencari tahu akreditasi kampus, kamu bisa cek di maukuliah.id 

4. Gali Informasi Program Beasiswa

Rata-rata perguruan tinggi telah menyiapkan beasiswa, bahkan pemerintah juga banyak menyediakan beasiswa. Jadi, kamu bisa cari-cari informasi beasiswa yang tersedia di kampus tersebut. Siapa tahu, kamu berjodoh dengan beasiswa itu, lumayan kan untuk membantu meringankan biaya dari orang tuamu. 

Well, jadi gitu guys pembahasan tentang kelebihan dan prospek kerja jurusan psikologi plus tambahan mengenai tips memilih jurusan kuliah psikologi. So, gimana nih, apakah kamu masih ragu ambil jurusan psikologi? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *