Image default

Kesehatan Mental Remaja: Cara Mendukung Anak Anda

Berbicara tentang psikologi, kita sering sekali hanya berfokus kepada orang dewasa dan tidak memedulikan anak dan remaja. Padahal, kesehatan mental remaja tidak boleh dikesampingkan karena kesejahteraan alam kesadaran seseorang harus diperhatikan sejak lahir. Stigma kesehatan mental ini menjadi momok yang harus diubah.

Pengertian

Pra remaja dan remaja yang memiliki kesehatan mental yang baik umumnya:

1. Merasa lebih bahagia dan lebih positif tentang diri mereka dan mampu menikmati hidup

2. Memiliki hubungan yang sehat dengan keluarga dan teman-temannya

3. Berolahraga dan makan makanan yang sehat

4. Aktif pada kegiatan-kegiatan tertentu

5. Memiliki keinginan untuk memperoleh penghargaan

6. Rileks dan memiliki kualitas tidur yang baik

7. Merasa jadi bagian dari suatu kelompok atau komunitas.

Masa dewasa menjadi masa yang beresiko untuk remaja menghadapi permasalahan kesehatan mental. Remaja akan melalui banyak sekali perubahan dan tantangan pada waktu yang singkat. Semua hal ini terjadi karena otak remaja masih dalam proses pematangan.

Cara Mendukung Kesehatan Mental Remaja

Kasih dan dukungan serta hubungan yang kuat dengan mereka dapatĀ  menjadi dampak positif dan langsung terhadap kesehatan mental remaja. Bahkan hal itu dapat mengurangi kemungkinan mereka untuk mengalami permasalahan kesehatan mental.

Beberapa hal di bawah ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mental remaja dan kesejahteraan mereka:

1. Beri kasih sayang, afeksi, dan rasa peduli terhadap mereka.

2. Tunjukkan bahwa kamu tertarik terhadap apa yang terjadi di kehidupan mereka. Berikan pujian usaha mereka lakukan pencapaian dan nilai-nilai yang mereka miliki.

3. Sebagai keluarga, luangkan dan nikmati waktu bersamanya.

4. Buatlah mereka merasa nyaman bicara tentang perasaannya denganmu. Tanamkan kepada mereka bahwa mereka tidak harus melewati segala permasalahan sendirian dan bantulah mereka untuk menemukan solusinya bersama-sama.

5. Bantu mereka untuk dapat menerima permasalahan yang datang pada hidup mereka.

6. Kamu juga dapat berbicara dengan anggota keluarga teman atau orangtua lain bahkan guru yang memiliki pengetahuan tentang ini. Apabila kamu merasa kamu membutuhkan bantuan lebih, maka kamu juga bisa menemui seorang profesional.

Kesehatan Fisik Merupakan Bagian Besar Dari Kesehatan Mental

Untuk membantu anak remaja agar stabil secara emosional dan memiliki kesehatan fisik yang baik, maka bantulah mereka untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Beraktivitas secara aktif. Olahraga fisik dapat membantu mereka tetap sehat, memiliki energi yang lebih, rasa percaya diri, mampu mengelola stres dan tidur dengan baik.

2. Membangun pola makan hidup yang sehat.

3. Miliki pola tidur teratur dan cukup. Kualitas tidur yang baik dapat membantu remaja mengelola stress, padatnya aktivitas, dan tanggungjawab lainnya.

4. Hindari penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang lainnya.

Tanda-tanda Ketika Remaja Membutuhkan Bantuan Terkait Kesehatan Mentalnya

Merupakan hal yang lumrah ketika anak dan remaja kadang-kadang memiliki kondisi mood yang buruk, motivasi yang rendah dan kesusahan tidur. Berapa hal tersebut tidak selalu menjadi tanda akan adanya permasalahan kesehatan mental. Namun, ketika kamu menemukan beberapa tanda-tanda berikut dan mungkin tanda-tanda lainnya dalam jangka waktu lebih dari 1 minggu, maka penting untuk berbicara dengan mereka untuk kemudian memperoleh bantuan profesional. Ketahui juga perbedaan psikolog dan psikiater dalam menentukan solusi yang terbaik.

Untuk anak kurang dari 12 tahun, tanda-tanda tersebut terdiri dari:

1. Kesedihan terus menerus.

2. Penurunan performansi di sekolah.

3. Merasa khawatir atau takut.

4. Memiliki permasalahan untuk beradaptasi dengan sekolah atau membangun relasi dengan teman-teman atau anak-anak lainnya.

5. Memiliki perilaku yang agresif dan kurangnya kemampuan dalam mengelola emosi.

6. Memiliki permasalahan tidur, termasuk juga sering mimpi buruk.

Untuk anak-anak dengan usia 12 tahun atau lebih, maka tanda-tanda yang dimiliki adalah:

1. Tidak bersemangat, putus asa, dan merasa sedih atau berkurangnya motivasi yang dimiliki.

2. Memiliki masalah untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari.

3. Menunjukkan perubahan perilaku yang tiba-tiba dan seringkali tanpa alasan.

4. Memiliki permasalahan makan atau tidur.

5. Menghindari pertemanan atau kontak sosial.

6. Memiliki permasalahan fisik seperti pusing, sakit perut, atau sakit di punggung.

7. Bersikap agresif atau anti sosial tidak menghadiri sekolah, berbuat onar, berkelahi, atau mencuri.

8. Merasa cemas dengan berat badan atau penampilan fisik.

Cara Berbicara Dengan Remaja Tentang Pentingnya Kesehatan Mental

Jika kamu khawatir tentang kesehatan mental remaja anda, maka mulailah dengan berbicara dengannya. Hal ini mungkin bisa menjadi tidak nyaman dan mungkin kamu berfikir untuk lebih baik menunggu permasalahannya selesai terlebih dahulu. Namun, berbicara dengan mereka tentang bagaimana perasaannya dan bahwa mereka tidak sendiri serta banyak orang yang peduli ,dapat menjadi sebuah dukungan yang berarti untuk mereka.

Dibawah ini merupakan beberapa tips untuk membantu psikologi anak dengan berbicara tentang apa yang mereka rasakan:

1. Katakan bahwa bahkan orang ketika memiliki masalah mereka tidak bisa menanganinya secara sendiri dan katakan bahwa akan menjadi lebih mudah ketika mendapatkan dukungan dari orang lain.

2. Jelaskan pada mereka bahwa bukan hal yang aneh untuk mereka merasa khawatir stres atau sedih. Juga katakan kepada mereka bahwa terbuka tentang apa yang mereka pikirkan dan rasakan memang lumrah terasa menakutkan.

3. Katakan kepada mereka bahwa berbicara tentang masalah yang dimiliki untuk menemukan perspektif baru dan perasaan yang lebih jelas. Seseorang dengan pengalaman lebih atau berbeda, seperti halnya orang dewasa mungkin dapat membantu dalam memberikan saran yang mungkin tidak pernah dipikirkan.

4. Katakan juga kepada mereka bahwa berbicara tentang masalahnya kepada orang terdekat atau seorang profesional itu merupakan hal yang  penting dan konfidensial.

5. Beri penekanan bahwa mereka tidak akan sendirian dalam menghadapi masalahnya. Kamu ada saat mereka membutuhkan teman untuk bicara.

Memperoleh Bantuan Untuk Permasalahan Kesehatan Mental Anak Atau Remaja

Permasalahan kesehatan mental remaja tidak akan berubah menjadi baik dengan sendirinya, jadi perlu menemui profesional untuk menangani kondisi kesehatan mental yang buruk atau kurang terkelola dengan baik yang dapat mempengaruhi kualitas hidup anak, kesehatan fisik, kegiatan sekolah, hubungan dengan orang lain, dan perkembangan mereka.

Terdapat beberapa opsi terkait hubungan profesional antara lain:

1. Praktisioner umum

2. Konselor di sekolah

3. Psikolog dan konselor

4. Pekerja sosial

5. Pusat komunitas kesehatan lokal

6. Pelayanan kesehatan mental lokal

Artikel Terkait

Leave a Comment