Image default

Jenis-Jenis Gelar Psikologi Dan Penulisannya

Setelah mencari informasi terkait psikologi mulai dari apa definisinya sampai dengan penjurusannya, mungkin kalian mulai penasaran dengan satu hal. Mungkin pertanyaannya seperti “Kalau lulus dari perkuliahan nanti bakal diberi gelar psikologi apa ya?” akan muncul di benak kalian. Well, gak salah juga sih karena setelah membahas penjurusan tentunya kalian sudah tertarik dengan dunia psikologi dan tentunya ingin untuk lulus dengan gelar pertamanya. Tapi tahukah kamu kalau gelar-gelar psikologi tidak terbatas satu saja? Mirip seperti kedokteran yang memiliki bidang spesialisnya masing-masing, Psikologi memiliki gelar khusus untuk setiap bidang yang kalian fokuskan. Sekarang akan kita ulas satu per satu dan juga penulisannya.

Gelar S1 Psikologi

Mahasiswa yang telah melalui perkuliahan selama kurang lebih empat tahun dan dinyatakan lulus mendapatkan gelar S.Psi sebagai tanda sudah melalui pendidikan psikologi. Lulusan S1 Psikologi dapat dikatakan sebagai ilmuwan psikologi karena sudah melalui pendidikan strata 1. Himpunan Psikologi Indonesia (2010) menyatakan bahwa ilmuwan psikologi adalah seseorang yang memiliki kapasitas atau kemampuan dalam pemberian layanan psikologi yang berbentuk penelitian, pengajaran, supervisi dalam pelatihan, layanan masyarakat, pengembangan kebijakan, dll.

Jadi penjelasan rincinya, mereka yang sudah melalui pendidikan S1 mempunyai gelar S. Psi dan merupakan ilmuwan psikologis yang dapat melakukan layanan psikologi yang berbentuk ilmiah. Kalau kamu kuliah di luar negeri, maka kamu akan mendapat gelar Bachelor of Science (B.S.) jika kamu memfokuskan kuliah terhadap ilmu psikologi yang lebih sains, sementara untuk gelar Bachelor of Arts (B.A.) berfokus pada ilmu edukasi yang umum.

Gelar S2 Psikologi

Mulai dari gelar disini, mulai kompleks karena gelar akan tergantung dengan pilihanmu nanti. Jika orang tertarik dalam psikologi profesi, maka orang tersebut dapat mendaftar program studi psikologi profesi. Terdapat beberapa jenis spesialisasi magister psikologi yang bisa kamu pilh. Setelah menyelesaikan program studi psikologi profesi, orang tersebut akan mendapatkan gelar Magister Psikologi atau M.Psi dan mendapatkan sebutan psikolog.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan menjadi ilmuwan psikologi, maka orang tersebut dapat mendaftar program magister sains psikologi. Jika orang tersebut sudah menyelesaikan program magister sains, maka orang tersebut akan mendapatkan gelar Magister Sains yang disingkat sebagai M.Si

Kalau kamu tertarik dengan ilmu psikologi terapan, maka orang tersebut bisa mendaftar program studi psikologi terapan. Perlu diingat bahwa program tersebut hanya program pendidikan akademik dan tidak mempersiapkan peserta didik untuk melakukan praktik psikologi atau profesi psikolog. Lulusan dari Magister Psikologi Terapan akan mendapatkan gelar  M. Psi.T. sebagai tanda lulus.

Sama seperti lulusan undergraduate luar negeri, jika kamu bisa fokus untuk memilih menjadi Master of Science (M.S.) atau Master of Arts (M.A.). Orang yang mendapat gelar di S2 cenderung untuk lebih memiliki variasi dalam pekerjaan sehingga memungkinkan peluang seseorang mendapatkan pekerjaan lebih besar. Tetapi tentu saja hal tersebut diimbangi dengan tingkat kompetisi yang tinggi.

Gelar S3 Psikologi

Kalau yang ini, bukan ke gelar psikologi sih, karena kuliah psikologi S3 lebih ditujukan untuk gelar akademik karena sudah menempuh pendidikan S3. Orang yang telah menyelesaikan S3 berhak untuk mendapatkan gelar Doktor. Kalau kamu memilih melanjutkan S3 di luar negeri maka kamu akan mendapatkan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D). Kalau kamu berfokus pada praktik secara klinis maka kamu akan mendapat gelar Doctor of Psychology (Psy.D.). Gelar Psy.D. biasanya dilakukan bersamaan saat mengambil program Master.

Gelar-gelar yang ada di jurusan psikologi tersebut memiliki keahlian dan hak khusus dalam pelayanan psikologi untuk masyarakat contohnya ilmuwan psikologi di bidang ilmiah dan profesi psikolog membantu dengan cara konseling, terapi, dan lain lain. Nah, hal tersebut sudah diatur melalui kode etik yang dibuat oleh Himpunan Psikologi Indonesia sehingga peraturan jelas dan tidak sewenang-wenang. Contohnya seperti pengadaan praktik psikologi diwajibkan untuk mempunyai izin praktik psikologi.

Nah kira-kira seperti itu sih nama gelar-gelar yang ada di psikologi dan juga penulisannya. Penambahan pengetahuan yang cukup unik, kan?

Referensi:

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 036/U/1993 tentang Gelar dan Sebutuan Lulusan Perguruan Tinggi

Indonesia, H. P. (2010). Kode etik psikologi Indonesia. Jakarta: Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia.

Cherry, K. (2020, January 20). 5 psychology degrees and what you should know about them. Retrieved February 16, 2021, from https://www.verywellmind.com/psychology-degrees-2795151#:~:text=A%20bachelor’s%20degree%20in%20psychology,degree.&text=degrees%20require%20more%20science%20general%20education%20courses.

Artikel Terkait

1 comment

fabienne quincy Maret 23, 2021 at 1:10 AM

Tuhan berkati,menang giveawaynyaaa,pengen bgt bisa baca”buku kaya gituu,hihi

Reply

Leave a Comment