Image default

7 Channel Youtube Terbaik Tentang Psikologi

Perkembangan dunia telah terjadi di setiap bagian dalam kehidupan kita. Banyak perubahan yang terjadi dari sisi kehidupan bermasyarakat, kebudayaan, hingga teknologi yang dampaknya dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Sama seperti hal-hal lain di dunia ini, perkembangan serta perubahan yang terjadi membawa berbagai dampak, baik dampak positif maupun negatif.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang memberikan efek negatif, salah satunya adalah ketergantungan gadget atau gawai. Namun demikian, perkembangan teknologi juga memberikan dampak positif yang tidak sedikit bagi masyarakat yakni dengan meningkatnya media belajar yang mudah diakses oleh warga. Satu dari sekian banyak media yang dapat digunakan untuk belajar tersebut adalah Youtube. Melalui media yang didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, masyarakat dapat memilih channel apapun sesuai dengan preferensi mereka.

7 Channel Youtube Psikologi Terbaik

1. Satu Persen – Indonesian life school

Satu persen merupakan salah channel youtube yang pada awalnya didirikan karena adanya keresahan para founder terkait dunia pendidikan, terutama mengenai pengembangan diri atau self-improvement dan kesehatan mental atau mental health. Seiring berjalannya waktu dan melalui diskusi antara ketiga pendiri Satu Persen, yakni Rizky, Evan dan Vicky Satu persen berkembang menjadi startup pendidikan untuk memperluas impact pada masyarakat.

Melalui channel youtube yang dimiliki, Satu persen memberikan beragam edukasi mengenai psikologi, kesehatan mental, kehidupan sosial, pengembangan diri serta pendidikan. Pembahasan mengenai isu-isu psikologi dan kesehatan mental dibawakan dengan cara menarik dan bahasa yang mudah sederhana sehingga mudah untuk dipahami oleh masyarakat umum.

Selain itu, topik-topik yang diangkat pada channel youtube Satu Persen ini terbilang banyak bersumber dari hal-hal yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menjelaskan bagaimana alat tes kepribadian yang sering dijumpai atau bahkan sering di coba dapat mengukur hingga memberikan label pada penggunanya.

2. Menjadi Manusia

Apabila channel youtube Satu Persen mengulas topik mengenai kesehatan mental dan pengembangan diri secara lebih teoritik, maka berbeda dengan channel youtube Menjadi Manusia. Channel Youtube ini memang tidak membahas secara langsung dan menjurus mengenai isu-isu kesehatan mental atau psikologi tertentu, akan tetapi pembahasan topik-topik yang erat dengan kehidupan manusia dengan cara memahami perspektif lain mengenai kondisi tertentu.

Presentasi yang diberikan oleh channel ini dalam mengulas isu-isu yang erat dengan kesehatan mental memang berbeda dari channel lainnya. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini sesuai dengan tujuan dari channel Menjadi Manusia yang mana belajar memahami kehidupan dengan cara mendengarkan dan melihat perspektif orang lain mengenai kondisi tertentu. Pembahasan yang diberikan juga relatable dengan kehidupan kita, seperti belajar untuk berdamai dengan diri sendiri, cerita penyintas bipolar tentang mencintai diri sendiri, dan masih banyak lagi.

3. Sisi Terang

Telah ditonton oleh lebih dari 1 milyar kali, channel youtube Sisi Terang ini telah sejak tahun 2019 bergabung dan meramaikan kategori edukasi. Melalui channel ini, masyarakat dapat menikmati beragam pilihan video edukasi mulai dari temuan scientific terbaru, fakta-fakta dalam kehidupan manusia, teka-teki dan pastinya mengenai psikologi. Video yang diunggah pada channel ini sebagian besar berupa kompilasi video maupun foto dengan penjelasan berupa voice over.

Seperti logo yang dimiliki channel youtube ini yakni bohlam yang berpendar, berbagai video yang mengulas topik-topik psikologi pada channel youtube ini didominasi video tips and tricks. Berbagai tips and tricks mengenai psikologi ditayangkan seperti trik psikologi dalam komunikasi persuasif hingga tips membaca atau memahami bahasa tubuh seseorang.

Namun demikian, tetap terdapat beberapa video yang berfokus mengulas kondisi psikologis seperti penjelasan mengenai loneliness (perasaan sendiri dan terisolasi yang selanjutnya mempengaruhi cara berfikir (Cherry, 2020)) hingga impostor syndrome atau sekumpulan perasaan tidak mampu melakukan suatu hal meskipun individu terbukti mampu melaksanakannya (Corkindale, 2008).

4. Ruang Moral – Inspirasi kehidupan

Hampir serupa dengan kebanyakan channel youtube lain yang membahas psikologi dan kesehatan mental, Ruang Moral juga memberikan ulasan mengenai topik-topik dalam dunia psikologi. Channel ini tidak hanya membahas isu-isu yang berkaitan dengan ilmu psikologi seperti kesehatan mental dan kepribadian, tetapi juga membahas tentang kehidupan sosial, romance and relationship, hingga berbagai tips kehidupan.

Meskipun serupa dengan beberapa channel lain, terdapat beberapa hal yang menjadi pembeda. Misalnya saja seperti fokus topik yang diangkat yang mana pada channel Ruang Moral lebih banyak membahas topik-topik dalam psikologi yang sering dijumpai atau dibahas dalam keseharian individu.

Terdapat beberapa contoh topik psikologis yang diunggah seperti penjelasan mengenai introvert beserta sebelas karakteristiknya dan penjelasan mengenai fenomena de javu. Selain itu, dijelaskan pula topik mengenai gangguan mental seperti gangguan kepribadian ganda atau bipolar disorder hingga narcissistic disorder.

5. Mind and Brain Indonesia

Channel youtube Mind and Brain Indonesia ini dikelola oleh seorang psikolog klinis yang mendalami CBT, yakni Firman Ramdhani, S.Psi., Psikolog. Melalui channel youtubenya ini, ia membagikan pengetahuan dan mengulas lebih dalam mengenai fenomena-fenomena maupun isu-isu yang berkaitan dengan dunia psikologi.

Meskipun pembahasannya terdengar berat, video yang diunggah melalui channel Mind and Brain Indonesia ini terbilang mudah untuk dipahami karena dipotong menjadi beberapa bagian dengan durasi sekitar 10 hingga 15 menit.

Dalam mengulas topik-topik tertentu dalam ranah psikologi maupun yang ranah terkait, ia menghadirkan narasumber yang sesuai dengan topik yang diangkat serta memberikan ilustrasi untuk mempermudah audience dalam memahami topik dan isu yang ada.

Sebagai contoh, terdapat beberapa video yang membahas mengenai perbedaan psikolog dan psikiater. Dalam video tersebut, ia bersama seorang psikiater membahas topik-topik tertentu seperti perbedaan mendasar antara psikolog dan psikiater, psikofarmakologi dan masih banyak lainnya.

Dengan latar belakang seorang psikolog yang mendalami CBT, Firman melalui channel Mind and brain Indonesia juga sering membahas topik maupun konsep psikologi yang erat kaitannya dengan CBT.

Selain itu, ia juga mengangkat topik-topik yang tidak banyak dibahas pada channel youtube tentang psikologi di Indonesia. Satu dari beberapa topik tersebut yaitu false memory. Pada video tersebut, ia menghadirkan tamu yang menjadi rekan diskusi dalam tayangan tersebut serta memberikan contoh fenomena false memory yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

6. Analisa Channel

Tidak jauh berbeda dengan channel youtube Mind and Brain Indonesia, Analisa channel diprakarsai oleh seorang psikolog klinis yakni Analisa Widyaningrum, S.Psi., Psikolog.

Selayaknya praktisi psikologi lainnya, melalui channel ini Analisa memberikan edukasi dan ulasan terkait isu-isu psikologi, terutama yang sedang hangat menjadi perbincangan di tengah masyarakat dan generasi muda. Format video yang ada pada channel ini tidak berupa kumpulan gambar atau potongan video dengan voice over, akan tetapi rekaman penjelasan yang diberikan langsung oleh Analisa maupun bintang tamu.

Pada channel yang hingga saat ini sudah dilihat hingga lebih dari 13 juta kali ini memberikan edukasi dengan pembawaan yang ringan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat. Tidak hanya penjelasan yang mudah dipahami terutama oleh generasi muda, contoh dan gambaran yang diberikan juga mendukung serta memperjelas pembahasan yang diberikan.

Salah satu videonya berjudul MengAnalisa – Berdamai dengan Diri Sendiri di mana hal ini sering terjadi pada individu, tidak terbatas pada individu usia tertentu maupun kalangan tertentu. Pada video ini, ia mengulas isu tersebut secara menyeluruh dengan memberikan penjelasan scientific tentang kondisi tersebut hingga memberikan tips ketika mengalami kondisi serupa.

7. Semesta Psikometrika

Channel youtube terakhir yang dibahas pada artikel ini terbilang sangat berbeda dengan keenam channel lain yang telah dibahas terlebih dahulu. Channel youtube Semesta psikometrika merupakan sebuah media yang bertujuan untuk memberikan bantuan bagi teman-teman terutama mahasiswa dalam memahami metodologi penelitian kuantitatif, statistika, psikometrika, cara pengoperasian software pengolah data, hingga cara adaptasi alat ukur psikologi.

Channel yang mulai bergabung pada tahun 2018 ini membagikan beragam video yang sangat membantu untuk meningkatkan pemahaman teman-teman yang mempelajari hal-hal tersebut. Sebagai sebuah media yang membantu pembelajaran, video serta penjelasan yang diberikan sangatlah mendetail.

Cara penyampaian yang diberikan juga sesuai dengan tujuan dari channel ini yakni dengan memberikan penjelasan tertulis dan voice over seperti presentasi pada umumnya. Pada video yang berisikan cara penggunaan software statistika seperti SPSS, ia juga memberikan demonstrasi secara langsung software tersebut, seperti yang terdapat pada video dengan judul Tutorial Analisis Statistik Deskriptif dengan SPSS.

Demikian ketujuh channel youtube yang membahas psikologi dan beberapa topik yang berkaitan dengan ranah ilmu tersebut. Setiap channel yang dibahas ada artikel ini memiliki kelebihan, kekurangan serta karakteristiknya masing-masing yang saling mengisi satu sama lain. Dengan demikian, sebagai masyarakat kita dapat menyesuaikan channel mana yang sesuai dengan kebutuhan diri masing-masing.

Referensi

Artikel Terkait

Leave a Comment