Image default

Cara Mendengarkan Secara Aktif – Jadilah Pendengar Yang Baik!

Mendengarkan secara aktif berarti mendengarkan dengan perhatian penuh terhadap apa yang dikatakan, dengan tujuan utama untuk mengerti secara penuh apa yang dikatakan lawan bicara. Kemampuan ini sangat berguna pada banyak sekali situasi, mulai dari sesi terapi hingga dunia pekerjaan. Jika kita tidak mendengarkan secara aktif, maka kita kemungkinan besar akan luput mengerti pesan inti yang disampaikan oleh orang lain.

Bahkan, penelitian menunjukkan kemampuan mendengarkan aktif dapat menambah kebahagiaan pada pasangan. Salah satu kebutuhan dasar emosi dari manusia adalah kebutuhan didengarkan dan kebutuhan untuk merasa penting bagi pasangan kita.

Penelitian dari ilmu psikologi sosial telah menunjukkan bukti tentang pentingnya mendengarkan secara aktif. Menurut Willard Harley, salah satu dari 10 kebutuhan emosional individu yang paling umum adalah kebutuhan akan “percakapan intim”. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan mempunyai percakapan yang melibatkan ketertarikan yang sama dan keinginan untuk mendengarkan satu sama lain. Lebih dari itu, percakapan yang intim membutuhkan pemberian dan penerimaan perhatian yang penuh.

Bagaimana Menjadi Pendengar Yang Aktif

  1. Mendengarkan tanpa menghakimi atau mengambil sisi. Cobalah untuk mengerti situasi dari sudut pandang orang lain.
  2. Biarkan pembicara menyelesaikan pemikirannya tanpa interupsi. Biasanya akan terdapat beberapa detik keheningan, tetapi itu merupakan hal yang lumrah. Berlatihlah untuk tahu seberapa lama menunggu sebelum menyampaikan respon balik. Jika tidak yakin, lebih baik menunggu terlalu lama dibandingkan terlalu cepat dan menginterupsi pemikiran dari lawan bicara.
  3. Tunjukkan bahwa perhatianmu terfokus. Gunakan kontak mata, sedikit condongkan badan ke lawan bicara ketika sesuatu menarik perhatianmu, atau berikan senyum ketika bercanda.
  4. Ulangi apa yang kamu dengar dengan melakukan parafrase jika kamu ragu kamu tidak mengerti dengan akurat.
  5. Berikan pertanyaan jika kamu tidak mengerti apa yang diucapkan lawan bicara terutama jika kamu ingin mengerti poin utama dari yang dikatakannya.
  6. Berikan ringkasan singkat untuk mengindikasikan kamu telah mendengar dengan akurat dan mengerti apa yang dikatakan oleh lawan bicara.

Apa Yang Harus Dihindari Ketika Mendengarkan Secara Aktif

  1. Menginterupsi di tengah kalimat. Bahkan jika ada jeda yang lama, biarkan lawan bicara menyelesaikan kalimatnya.
  2. Tidak membuat kontak mata. Sesekali memutus kontak mata itu normal, akan tetapi kontak mata yang terlalu sedikit menandakan kamu tidak memberi perhatian.
  3. Memburu-buru lawan bicara. Terkadang lawan bicara memang yang suka memberikan detail yang berlebihan atau berputar-putar, akan tetapi gunakan cara yang sopan untuk mendorong mereka ke poin selanjutnya.
  4. Berbagi perhatian dengan pemikiran lain dan kehilangan fokus. Jika kamu kelihatan tidak memberikan perhatian, maka lawan bicara akan merasa frustrasi karena merasa tidak didengarkan.
  5. Terlalu berfokus pada suatu detail, atau menanyakan berlebihan tentang sesuatu yang yang tidak menjadi poin utama dari apa yang dikatakan lawan bicara.
  6. Tiba-tiba mengganti topik.
  7. Mengolok-olok atau membuat komentar sarkastik yang tidak berhubungan dengan topik pembicaraan.
  8. Mendengarkan hanya untuk memikirkan apa yang akan menjadi responmu. Mendengarkan secara aktif berarti memberikan perhatian sepenuhnya untuk mengerti apa yang dikatakan, bukan untuk memberikan respon balik. Kamu akan mempunyai respon secara natural jika kamu telah mendengarkan dengan baik.
monyet ngobrol
Monyet saja bisa mendengar dengan baik, jangan mau kalah!

Seringnya, orang hanya butuh didengarkan dengan baik dan butuh mengetahui bahwa kamu peduli untuk mendengar, meskipun kamu tidak memberikan solusi. Terkadang hal terbaik yang bisa kita lakukan hanyalah mendengarkan dengan penuh tanpa mencoba untuk memecahkan masalah yang dihadapi lawan bicara.

“The only reason why we ask other people how their weekend was is so we can tell them about our own weekend.”

― Chuck Palahniuk, Invisible Monsters

Kita semua butuh didengarkan oleh orang-orang terdekat kita, seberapa salah atau benar, seberapa masuk akal atau tidak. Percakapan yang baik akan memberikan efek yang baik yang akan berkontribusi terhadap tumbuhnya kualitas dari suatu hubungan.

Artikel Terkait

7 comments

Ailsa Valerie Februari 8, 2021 at 8:26 AM

this articel was so amazing! bagus banget. semua orang harus baca sih kayanya, karena semua orang emang harus bisa jadi seorang pendengar yang baik, kan? dengan jadi pendengar yang baik, kita udah berbuat baik kok cukup dengan mendengarkan. banyak orang jadi takut buat curhat, dan cerita karena ya banyak orang juga yang belum belajar jadi pendengar yang baik. entah mutus pembicaraan, adu nasib, dipojokkan, disalahkan, yang bikin si pencerita ngga nyaman, dan takut buat cerita lagi. semua orang harus tau dasar dasar jadi pendengar yang baik. ini artikel berguna banget buat yang mau belajar jadi pendengar yg baik(✿^‿^)

Reply
Muhammad Ezra Zulhiaji Februari 9, 2021 at 10:59 AM

Artikel ini sangat luar biasa bagi pembacanya.Bagaimana tidak ,artikel ini membahas bagaimana menjadi pendengar yang baik, banyak orang yang meremehkan untuk menjadi seorang pendengar yang baik padahal ketika kita menjadi pendengar yang baik berarti kita menghargai lawan bicara kita, dengan begitu pembicaraan akan semakin nyaman dan ikatan hubungan akan semakin erat.Menjadi pendengar yang baik terlihat mudah tetapi sangat sedikit orang yang menerapkanya di kehidupan sehari-hari .Artikel ini sangat-sangat direkomendasikan buat teman teman yang ingin jadi pendengar yang baik,buat yang udah jadi pendengar baik ,pertahankan ✊

Reply
Sigulai Mambaco Februari 10, 2021 at 12:27 AM

Terima kasih atas infonya. Keren sekali artikel ini dan harus berlatih nih utnuk itu.

Reply
Indriyani Maret 22, 2021 at 7:33 PM

Thanks kak. Artikelnya sangat menarik. Jadi lebih tahu gimana caranya jadi pendengar yang baik.

Reply
Lutfia Cempaka Maret 22, 2021 at 8:14 PM

Fiks temenku harus baca ini! Artikel yang sangat berguna buat orang”di luar sana yang pingin didengerin tp males dengerin keluh kesah orang lain…sering bgt sii pas dengerin cerita dia di tengah”tuh suka di potong dan di bandingin sm cerita dia yang lebih sedih jd kyk adu nasibb(maap jadi curhat)intinya artikel ini bagus bgt buat kita jd paham gmn bersikap dan jadi pendengar yang baik,dengan begitu kita jadi lebih bisa menghargai dan dihargai orang lain

Reply
Mentari Illahi Maret 25, 2021 at 12:12 PM

Terimakasih kak. Dari artikel ini saya bisa belajar bagaimana menjadi pendengar yang baik bagi orang” disekeliling saya, dan dengan artikel ini saya banyak belajar.

Reply
Aisya Nuraprilia Maret 25, 2021 at 2:43 PM

aaaa ini artikelnya bagus bangettt! jadi sebagai pendengarpun nggak sembarangan. teman-temanku harus pada baca sih ini. supaya mereka dan akuuu bisa jadi pendengar yang baik dan nggak asal hohoho! terima kasih banyak untuk artikelnya, sangat bermanfaat! izin share ya.. <3

Reply

Leave a Comment