Image default

8 Cara Bahagia Tanpa Pacar, Anti Galau Walaupun Jomblo

Di masa-masa dewasa awal, kamu akan lebih sering dituntut berbagai macam hal. Lulus kuliah, bekerja, dan menikah adalah sedikit contoh macam tuntutan. Memang kalau perkara jodoh, kita tidak bisa memaksa. Tapi, kalau sudah banyak yang membuat desas-desus sana-sini, lama kelamaan rasanya kurang nyaman, bukan? Tenang saja. Kamu tidak sendirian.

Malah kami punya tips-tips psikologi agar kamu tahu cara bahagia tanpa pacar!

1. Cari pengalaman baru

Menjadi single bagi kebanyakan orang merupakan masa-masa paling membebaskan. Dilansir dari Washington Post, menurut survei yang diadakan Tinder tahun 2018, diketahui bahwa 81% generasi millennial lebih memilih hidup single daripada harus terikat dalam hubungan romantis. Hal ini ada benarnya juga.

Hidup tanpa pacar tidak akan membuat kamu menderita karena kamu tidak perlu khawatir terikat dalam hubungan toxic. Survei tersebut juga menyatakan bahwa alasan lain millennial memilih tetap jomblo adalah banyak pengalaman hidup yang bisa digali sebanyak-banyaknya, mulai dari fokus berkarir, berpetualang ke tempat-tempat baru, dan mengenal diri mereka sendiri lebih baik.

2. Buat relasi yang nanyak

Selama kamu mencari pengalaman baru, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang bisa membuatmu bahagia tanpa pacar. Maka dari itu, jadikanlah masa-masa single kamu sebagai cara membangun relasi dengan mereka. Bertemu banyak orang baru juga akan membantumu cepat move on karena terekspos pada pasar romansa yang lebih luas.

Dilansir dari Mayo Clinic, membangun relasi dan persahabatan dengan orang-orang baru bisa meningkatkan sense of belonging (rasa memiliki) dan perasaan diterima oleh kelompok tertentu. Selain itu, dalam psikologi perkembangan, relasi sosial dan persahabatan juga bisa meningkatkan well being dan berperan dalam pertumbuhan seseorang secara psikologis. Seperti tagline kartun My Little Pony, “Friendship is magic!”

3. Gunakan waktu menambah kemampuan

Apakah kalian pernah main Genshin Impact atau game RPG sejenis? Kalau pernah, kalian pasti kenal dengan istilah Experience Points (XP) dan Skill Points. Singkatnya, XP akan didapatkan apabila kita, si pemain game, selesai menjalankan suatu misi. Sementara Skill Points akan didapatkan apabila kita menaikkan level karakter yang kita mainkan dalam game melalui barang, senjata, atau kartu tertentu (tergantung game-nya).

Nah, ibaratkan saja hidup single kalian itu seperti RPG. Membangun relasi dan mengunjungi tempat-tempat baru itu adalah cara kamu menambah XP. Bedanya, kamu bukan karakter RPG. Katakanlah, setiap karakter RPG sudah punya skill masing-masing dan dimainkan sesuai skill, sehingga kita tak bisa menambahkan skill baru pada karakter tersebut.

Otak kita didesain untuk belajar. Banyak caranya kita mempelajari hal baru. Dalam teori belajar yang dikemukakan Lev Vygotsky, proses belajar manusia berlangsung sejak kecil, atas pengaruh sosiokultural dari keluarga, teman bermain, dan lingkungannya. Begitu pula menurut Albert Bandura, proses belajar manusia berlangsung seumur hidup. Setiap orang akan melakukan modeling (peniruan) perilaku, sikap, dan reaksi emosional masyarakat di lingkungannya, kemudian mengintegrasikan hasil peniruan tadi ke dalam perilaku, sikap, dan reaksi emosional dirinya sendiri.

Sedangkan menurut Malcolm Knowles, proses belajar orang dewasa berbeda dengan anak-anak, karena orang dewasa sudah mampu memilah informasi yang relevan dan yang tidak untuk dipelajari. Teori Knowles ini banyak diaplikasikan pada proses training. Jadi, selama kamu berpetualang, jangan pernah ragu untuk menambah skill, entah skill baru atau menajamkan skill yang sudah kamu miliki.

4. Temukan dan lakukan hobi

Jangan dikira menjalani hidup single itu mudah, karena godaan untuk galau sering datang. Rasa bosan juga bisa menghampiri sewaktu-waktu. Maka dari itu, punya hobi adalah salah satu cara yang bagus untuk mengusir kebosanan.

Salah satu cara terbaik bahagia tanpa pacar adalah menyelami hobi yang kamu miliki. Selain bisa digunakan untuk mengisi waktu dengan produktif, menyegarkan pikiran, dan menghibur diri, memiliki hobi bisa mendorong kita untuk menguji kemampuan sendiri.

Alhasil, kita akan punya alasan untuk menambah Skill Points bagi diri sendiri. Hobi juga bisa jadi sarana pendapatan tambahan. Bagi kamu yang punya hobi kreatif seperti menggambar, menulis blog, atau membuat kerajinan tangan, tidak ada salahnya menggunakan beberapa platform seperti Etsy, Fiverr, atau Behance untuk menjual karya-karyamu dan mendapat cuan!

5. Cari pekerjaan yang menyenangkan

Menjadi single adalah kesempatan emas bagi kamu untuk fokus pada karir, entah di mana dan menjadi apa, yang penting kamu merasa bahagia menjalaninya. Kalau boleh cerita sedikit, penulis punya seorang teman dari jurusan Psikologi yang sampai sekarang tercatat single. Setelah lulus kuliah, ia memilih membuka usaha toko kue ketimbang melanjutkan karir di bidang yang sesuai jurusan kuliahnya.

Memang, menjadi psikolog merupakan karir yang menjanjikan. Namun, dia tidak merasa enjoy menjalaninya. Berawal dari hobi memasak, ia sekarang sudah bisa meraup jutaan rupiah dari toko kuenya. Intinya, jangan pernah takut untuk memulai. Selama dunia masih berputar, kamu bebas menentukan jalan hidupmu sendiri.

6. Menabung dan investasi

Kalau sudah punya cukup uang, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan untuk apa uang itu akan digunakan. Cara paling bijak adalah menabung dan investasi. Tercatat oleh IDX Channel, selama tiga tahun terakhir, investor muda Indonesia yang rata-rata terdiri dari generasi millennial termasuk paling sering ‘menyerbu’ pasar modal. Hal ini merupakan pertanda bagus, karena artinya, angka melek investasi di Indonesia semakin meningkat. Investasi di pasar modal memang sedang hits saat ini, di samping investasi Bitcoin. Tapi, apabila kamu tidak mau terkena risiko rugi, kamu bisa investasi dalam bentuk emas.

Kegiatan menabung dan investasi bisa menjadi salah satu cara untuk tetap menikmati hidup tanpa pasangan. Jika keadaan finansial sudah beres, maka rasa galau pun mudah hilang.

7. Refleksi diri

Mengapa refleksi penting bagi kita selama menjadi single? Refleksi diri adalah kapasitas individu untuk melakukan introspeksi dan kemauan untuk belajar lebih banyak tentang sifat dasar, tujuan, dan esensinya sebagai manusia. Intinya, melalui refleksi diri, kamu tak hanya mendapatkan pencerahan, tapi juga mengenal diri lebih baik.  Beberapa orang menganggap single merupakan pilihan hidup yang didasarkan pada asas kebebasan, namun dalam beberapa kasus, ada pula orang-orang yang memilih jadi single karena keadaan tertentu, misalnya karena penyakit yang diderita, sehingga membutuhkan penyembuhan, atau karena trauma.

Melalui refleksi diri, kita akan menjadi lebih dekat dengan apa yang kita inginkan dari hidup. Mulailah dari pertanyaan mudah seperti, “Apa yang membuat kamu bahagia menjadi single?” Kemudian, tuliskan hal-hal tersebut ke dalam sebuah catatan harian atau diary. Jadikanlah catatan harian itu sebagai cara kamu menandai progress kamu dalam hidup, sehingga di masa depan kamu bisa kembali melakukan refleksi dan mengenal dirimu lebih baik.

8. Terima dirimu apa adanya

Psikolog Carl Rogers menyampaikan bahwa penerimaan diri apa adanya adalah kunci bagi seorang individu untuk sehat secara mental, karena orang yang diterima apa adanya akan menjadi lebih percaya diri, termotivasi mencapai tujuan hidup, dan mengaktualisasikan diri. Namun, bagaimanapun juga penerimaan diri positif ini akan sulit kita dapatkan dari orang lain, apalagi bila kita tinggal dalam lingkungan yang tidak mendukung.

Menurut Leon F. Seltzer dari Psychology Today, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mengatakan pada diri sendiri bahwa kita telah melakukan yang terbaik yang kita bisa. Jadi, selama menjalani hidup single, jangan pernah merasa rendah diri.

Tuntutan dan omongan tetangga memang memusingkan, tapi tidak semuanya perlu kamu pikirkan. Penerimaan diri yang baik bisa membuatmu tetap bahagia meskipun tidak memiliki pacar.

Ingat, masih ada hal-hal penting yang perlu dikhawatirkan, misalnya deadline pekerjaan, makan apa besok, serial Netflix apa yang mau kamu tonton, atau sepatu apa yang mau kamu beli di situs belanja online. Semua orang punya waktunya masing-masing untuk mendapatkan jodoh. Jangan biarkan status jomblo membuatmu lupa mencintai diri. Nikmatilah hari-harimu dengan penuh kesadaran, karena hidup ini terlalu singkat untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tak bisa kamu kontrol. 

Dari 8 cara di atas, manakah yang sudah kamu coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Kalau tidak keberatan, ayo share pengalamanmu selama menjalani kehidupan tanpa pacar di bawah ini beserta hikmah yang kamu peroleh dari hidup menjadi single!

Artikel Terkait

Leave a Comment