Image default

Cara Mencintai Diri Sendiri Dengan 22 Langkah Simpel

Jika kamu ingin orang lain mencintaimu, maka belajarlah untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Mungkin beberapa dari kamu telah mendengar kata-kata ini sebelumnya. Namun, apa sih maksudnya? Dan bagaimana cara mencintai diri sendiri?

Beberapa dari kita bahkan merasa lebih mudah mencintai orang lain daripada diri sendiri. Kita membuat diri kita tunduk pada kritik batin yang keras,  hubungan yang tidak sehat, obat-obatan atau zat penenang, dan hingga menyakiti diri sendiri secara fisik.

Mengerti psikologi percintaan merupakan hal yang penting. Mencintai diri sendiri adalah tentang mengenal kekurangan dan kelebihan dalam diri. Namun, sayangnya manusia terkadang terlalu fokus pada kekurangan yang dimiliki hingga melupakan kelebihan yang juga dimilikinya.

Oleh karena itu, mulai saat ini bergegaslah untuk lebih mencintai diri sendiri. Karena semua manusia di dunia ini memiliki kekurangan. Cintailah dan perlakukanlah dirimu seperti bagaimana kamu ingin dicintai dan dihargai oleh orang lain. Maka dengan begitu orang lain akan mencintai dan menghargaimu.

Cara mencintai diri sendiri

Cara Mencintai Diri Sendiri Ala Psikologi

Berikut ini terdapat beberapa cara untuk membantu proses mencintai diri sendiri oleh Sharon Martin, seorang psikoterapis sekaligus writer, yang telah mengumpulkan 22 cara agar kamu cinta diri:

1. Kenali Dirimu

Tidak mungkin kamu bisa mencintai diri sendiri tanpa mengenali dirimu terlebih dahulu. Berusahalah untuk mengetahui apa yang kamu percaya, nilai yang kamu miliki, dan seperti apa diri kamu itu.

2. Katakan “tidak” jika perlu

Boundaries atau memberi batasan adalah hal penting sebagai bentuk self care sehingga membuatmu merasa lebih pantas dan dihargai.

3. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain

Orang lain, tidak lebih baik atau lebih buruk daripada kamu. Kita semua hanya berbeda. Kamu memiliki nilai sebagaimana dirimu sendiri dan proses penerimaan diri tidak melibatkan perbandingan dengan orang lain.

4. Benar-benar hadir

Pengalaman hidup kita penuh dengan berbagai jenis peristiwa. Banyak kisah dari hidup kita menyenangkan dan bermakna, tapi dapat menguras tenaga sehingga tidak membuat kita benar-benar hadir dan memahami, bahkan hingga tidak menjadi diri sendiri.

5. Ketahui dan Gunakanlah Kekuatanmu

Kita semua memiliki karunia yang luar biasa, tetapi banyak di antaranya tidak diperhatikan. Saat kamu sibuk dan sedang teralihkan fokusnya, maka akan sulit mengakses kualitas menakjubkan ini. Berfokus pada kekuatan yang dimiliki akan meningkatkan perasaan positif kamu terhadap diri sendiri.

6. Konsumsilah Makanan Sehat

Makanan adalah sesuatu hal spesial yang kamu berikan pada diri sendiri. Berbeda dengan hadiah, hadiah tidak harus dimiliki. Bersikaplah baik kepada diri sendiri dengan memberi dirimu perhatian tanpa alasan tertentu.

7. Jujurlah dengan dirimu sendiri

Hal ini bisa jadi lebih sulit dari kelihatannya. Beberapa dari kita begitu pandai menipu diri sendiri sehingga kita bahkan tidak tahu bahwa kita saat ini sedang melakukannya. Kejujuran adalah kunci dalam semua hubungan termasuk hubungan dengan diri sendiri. Tentu saja, kamu tidak bisa mencintai dirimu yang kacau jika kamu hanya berbohong, merendahkan diri sendiri, atau malah sekedar membuat alasan.

8. Bebaskan dirimu dari kesalahan dan ketidaksempurnaan

Kamu bersikap keras pada diri sendiri. Kamu mungkin lebih keras pada dirimu daripada terhadap orang lain. Lepaskan dirimu sedikit dan rangkulah dengan sisi kemanusiaan. Kesalahan itu normal terjadi. Ketidaksempurnaan adalah apa yang membuat dirimu menjadi manusia seutuhnya.

9. Berusahalah untuk memaafkan diri sendiri

Terkadang kita menyimpan rasa penyesalan yang besar. Memaafkan diri sendiri adalah proses sedikit demi sedikit untuk percaya bahwa kamu benar-benar melakukan yang terbaik yang kamu bisa untuk memperbaikinya. Perlu kamu tahu bahwa sangat tidak adil untuk menilai dirimu di masa lalu dengan pengetahuan yang kamu miliki sekarang.

10. Terimalah bahwa akan ada beberapa orang yang tidak menyukaimu

Jangan buang waktumu untuk mencoba menyenangkan orang yang tidak mungkin bisa kita buat senang sepenuhnya atau orang yang tidak terlalu penting bagimu. Menjadi diri sendiri berarti harus berhenti untuk hanya menyenangkan orang lain dan menjadi dirimu sendiri yang otentik.

11. Jadikan kesenangan sebagai prioritas utama

Buatlah agenda yang menyenangkan setiap minggu. Jangan mengabaikan atau membatalkan agenda tersebut. Sama seperti istirahat, kita semua membutuhkan kesenangan agar merasa nyaman.

12. Berlatihlah untuk bersyukur

Syukur adalah salah satu cara paling sederhana untuk fokus pada kebaikan dalam diri dan dalam hidup Anda. Cobalah mengidentifikasi 3 hal yang kamu syukuri saat bangun di pagi hari.

13. Tuliskan kesuksesan yang kamu capai

Kamu bisa membuat catatan pencapaian yang dimiliki (baik besar dan kecil) yang dapat dibaca ulang kapanpun ketika kamu merasa sedih. Lengkapi dan baca daftar itu setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

14. Rasakan sepenuhnya apa yang dialami

Perasaan kita adalah bagian integral dari siapa kita. Kamu tidak bisa menjadi orang yang autentik tanpa mengakui dan merasakan semua perasaan yang ada. Jangan menghindar dari perasaan tidak nyaman seperti kemarahan dan kesedihan. Jika kamu menyangkalnya, kamu menyangkal sebagian dari dirimu sendiri. Biarkan dirimu mengekspresikannya dengan cara yang tepat.

15. Jaga kondisi tubuhmu

Kesehatan yang baik sungguh tak ternilai harganya. Berikan hadiah kepada diri sendiri untuk merasa sehat secara fisik – berolahraga secara teratur, makan dengan sehat, minum air putih, tidur selama 7-8 jam hampir setiap malam, dan batasi konsumsi alkohol atau obat-obatan lain.

16. Melakukan hobi

Hobi bisa merupakan hal yang menyenangkan, santai, menantang, kreatif, atletis, sosial, atau mendidik. Seperti yang kamu tahu, hobi tertentu memenuhi kebutuhan kita yang berbeda.-beda. Temukan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhanmu

17. Membela diri sendiri

Seperti boundaries atau batasan, bersikap tegas adalah cara untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa pendapat dan kebutuhan kamu juga penting. Mencintai diri sendiri berarti kamu mengetahui nilaimu dan dapat mengkomunikasikannya kepada orang lain.

18. Tulis surat cinta untuk diri sendiri

Ini merupakan tugas yang sulit, tapi hal ini bisa menjadi hal yang menantang untuk mengidentifikasi hal-hal yang kamu sukai dari dirimu sendiri.

19. Mintalah bantuan saat membutuhkannya

Hal lain dalam menjaga diri sendiri adalah mengenali kapan kamu membutuhkan bantuan. Menerima bantuan bukan berarti kamu lemah. Itu manusiawi. Kita semua terkadang membutuhkan bantuan.

20. Bicaralah dengan ramah kepada dirimu sendiri

Bicaralah pada diri sendiri seperti kamu berbicara dengan orang yang kamu cintai. Jangan menyalahkan diri sendiri atau mengkritik diri sendiri secara berlebihan.

21. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang memperlakukanmu dengan baik

Dengan siapa kamu menghabiskan waktu mencerminkan bagaimana perasaanmu tentang dirimu sendiri. Orang yang merasa berharga, mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang positif. Terkadang mencintai diri sendiri berarti kamu harus mengakhiri hubungan dengan orang yang kasar atau tidak baik.

22. Beri dirimu waktu untuk istirahat

Apakah kamu merasa selalu sibuk? Kalau iya, maka ini saatnya untuk memperlambat kerjamu dan membiarkan tubuh serta pikiranmu untuk beristirahat. Kamu tidak harus melakukan semuanya. Prioritaskan hal yang paling penting dan hilangkan rasa bersalah dengan mengatakan tidak. Istirahat juga merupakan bentuk dari self care.

Mencintai diri sendiri dengan memberikan hadiah
Beri dirimu hadiah sesekali ya!

Kamu adalah teman yang paling baik dan selalu ada untuk dirimu sendiri. Kamu adalah orang yang akan melewati segala tantangan hidup bersama dengan dirimu sendiri dan merupakan satu-satunya yang paling mengenal dirimu. Oleh karena itu, hubunganmu dengan dirimu sendiri adalah hubungan jangka panjang yang paling penting untuk dijaga dari segala jenis hubungan yang kamu miliki.

Jadi, sediakanlah waktu untuk lebih untuk belajar terus mencintai diri sendiri. Good Luck!

Sumber :

Martin, S. (2020). 22 Ways to Love Yourself More. Diakses dari https://blogs.psychcentral.com/imperfect/2016/02/22-ways-to-love-yourself-more/

Artikel Terkait

1 comment

Samsinar.Aspa Maret 22, 2021 at 1:46 PM

Artikel ini sangat membantu bagi saya,saya termasuk orang yang tidak enakan atau jarang berkata tidak kepada orang yang membutuhkan saya atau mengajak saya,saya akan berusaha memenuhinya bahkan tidak mengetahui dampaknya bagi diri saya dengan adanya artikel cara mencintai diri sendiri ini saya akan menerapkannya kepada diri saya pribadi

Reply

Leave a Comment