Image default

15 Pilihan Karir Bagi Lulusan Psikologi

Ketika orang berpikir mengenai pilihan karir bagi lulusan psikologi, kebanyakan menganggap itu terkait dengan membaca pikiran seseorang atau berbagi curahan hati.

Psikologi bukan hanya studi tentang perilaku, tetapi juga studi tentang fungsi mental. Tujuan utama psikologi adalah menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol perilaku dan proses mental.

Jurusan psikologi saat ini memang banyak peminatnya. Makin berkembangnya zaman orang-orang semakin rentan mengalami stress, cemas, dan overthinking. Dikarenakan hal tersebut diperlukan banyak peran lulusan psikologi. Kesehatan mental saat ini sudah mulai berkembang dan sedang diusahakan untuk disebarluaskan ke masyarakat umum untuk menciptakan masyarakat yang sehat secara mental.

Sebelum kamu sepenuhnya memutuskan untuk menjadi jurusan psikologi, kamu perlu memutuskan apakah itu benar-benar disiplin yang ingin kamu curahkan waktunya dan banyak hal yang harus diketahui sebelum memilih psikologi. Jika kamu senang membantu individu atau keluarga melalui masalah pribadi, mendengarkan mereka, wawancara / pengujian, menganalisis dan mengumpulkan data, menjadi sosial dan kreatif, meneliti perilaku manusia dan hewan, maka psikologi adalah jalur karier untuk kamu.

Pilihan karir psikologi

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang pilihan karir bagi lulusan psikologi, bicarakan dengan individu yang bekerja di bidang yang kamu minati, penasihat sekolah, individu yang sudah kuliah / universitas, dan sumber daya internet seperti situs web universitas, atau kamu dapat membaca artikel ini.

Berikut beberapa peluang kerja yang mungkin untuk kamu:

  1. Konselor Penyalahgunaan Zat

Ini adalah salah satu pilihan karir bagi lulusan psikologi yang tumbuh paling cepat di Amerika Serikat di mana seseorang bekerja dengan klien yang kecanduan alkohol, kokain, atau obat-obatan terlarang lainnya. Untuk memenuhi syarat, kamu tidak hanya membutuhkan latar belakang akademis, tetapi kamu juga membutuhkan kepribadian yang kuat dalam menangani pasien yang sedang menjalani pemulihan, dan karenanya, menderita gejala penarikan diri. Beberapa undang-undang negara bagian mewajibkan sertifikasi atau lisensi untuk menjadi penasihat penyalahgunaan zat.

  1. Personalia Sumber Daya Manusia

Pekerjaan tingkat awal lainnya untuk lulusan psikologi adalah posisi personel sumber daya manusia. Pilihan karir ini untuk orang yang lebih memilih pengaturan organisasi daripada klinis atau pengaturan bisnis. Tugas utama personel sumber daya manusia adalah membantu pengelola sumber daya manusia dalam melaksanakan kebijakan dan strategi di seluruh perusahaan atau organisasi. Tenaga kerja sumber daya manusia adalah tulang punggung perusahaan yang sukses karena kelompok individu ini bekerja sama dalam menyaring dan merekrut pelamar terbaik. Salah satu tugas utamanya adalah juga menjaga kinerja dan perilaku karyawan yang baik.

  1. Terapis Keluarga dan pernikahan

Karir populer dalam klinis adalah menjadi terapis pernikahan dan keluarga. Karir ini membutuhkan master dalam sains atau seni, lisensi, dan ribuan jam magang. Mereka kadang-kadang bekerja di lingkungan rumah sakit di samping psikiater dan pekerja sosial, sementara waktu lain dalam praktik pribadi mereka sendiri. Fokus mereka adalah memfasilitasi perubahan perilaku dalam pernikahan dan lingkungan keluarga.

  1. Magister Psikologi Klinis

Kamu memerlukan studi pascasarjana lebih lanjut dalam psikologi klinis dan kamu harus memiliki lisensi sebelum memulai praktik. Namun, di bawah pengawasan psikolog klinis berlisensi, kamu sudah dapat memberikan psikoterapi dan penilaian psikologis. Tugas utama seorang psikolog klinis melibatkan peningkatan kesejahteraan psikologis pasien dan membuat perubahan positif pada kesehatan mental secara keseluruhan. Dalam posisi ini, kamu akan bekerja sama dengan profesional lainnya untuk memberikan berbagai bentuk perawatan. Mereka bekerja dengan klien dari segala usia dengan berbagai penyakit mental seperti skizofrenia, gangguan perilaku dan makan, gangguan neurologis dan depresi.

  1. Psikolog Eksperimental

Ini adalah gelar dimana siswa dipersiapkan untuk studi pascasarjana lebih lanjut. Beberapa negara bagian mungkin memerlukan gelar Ph.D. untuk menyandang gelar psikolog. Pilihan karir bagi lulusan psikologi jenis ini bisa menjadi manajer laboratorium, asisten peneliti, atau bagian dari tim riset pemasaran. Ini bukan gelar terminal. Artinya, siswa dapat fokus pada bidang khusus seperti psikologi perkembangan, kognitif, dan sosial. Perilaku manusia dan proses mental kita sangat kompleks yang membutuhkan psikolog eksperimental untuk belajar dalam konteks yang berbeda. Tugas utama seorang psikolog eksperimental adalah melakukan studi percontohan menggunakan statistik pada bidang atau subjek yang dipilih sebelum melanjutkan studi utama. Kamu juga membutuhkan pemahaman yang luar biasa tentang berbagai metode penelitian psikologis dan memiliki keterampilan komunikasi yang luar biasa. Keterampilan menulis yang baik juga penting karena pekerjaan ini juga termasuk menulis di jurnal akademik dan studi.

  1. Psikolog Forensik

Psikologi forensik bekerja di antara psikologi dan sistem peradilan pidana. Psikolog forensik harus memahami standar sistem peradilan untuk menjadi saksi yang kredibel. Pengadilan menunjuk psikolog forensik sebagai saksi ahli dan ditugaskan untuk mengevaluasi apakah terdakwa kompeten dalam sidang pengadilan.Tugas seorang psikolog forensik adalah untuk membuktikan apakah terdakwa waras atau sakit mental melalui pertanyaan dan tes psikologis. Seorang psikolog forensik juga diharapkan menerjemahkan temuan psikologisnya ke dalam istilah hukum. Mereka memberikan rekomendasi pengobatan, mengevaluasi risiko perilaku terdakwa, menentukan apakah saksi dapat dipercaya, dan merekomendasikan hukuman berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Psikolog forensik biasanya bekerja dengan kepolisian, personel penegakan hukum, pengacara negara, dan pembela umum.

  1. Psikolog Olahraga

Dalam psikologi olahraga, psikolog olahraga memperhatikan efek aktivitas fisik terhadap kesehatan psikologis dan kinerja atlet. Pilihan karir bagi lulusan psikologi ini bekerja di tingkat akademis dan bertindak sebagai konsultan untuk tim olahraga. Psikolog olahraga bekerja sama dengan pelatih pelatihan dalam mengembangkan program rehabilitasi dan pembangunan tim. Mereka juga memberikan penyuluhan kepada para atlet yang menjalani transisi karir.

  1. Psikolog I-O

Psikologi industri dan organisasi, melibatkan mempelajari perilaku di tempat kerja. Psikolog industri dan organisasi, atau psikolog I-O, diarahkan pada peningkatan produktivitas dan motivasi setiap karyawan. Mereka mengembangkan pelatihan dan menilai karyawan untuk lebih meningkatkan tenaga kerja perusahaan. Salah satu tugas utama psikolog I-O adalah mencocokkan kepribadian karyawan di berbagai posisi pekerjaan. Misalnya, karyawan A memiliki kepribadian yang ramah dan memiliki keterampilan membangun sosial yang tinggi. Psikolog I-O mencocokkan karyawan A dengan pekerjaan yang lebih sesuai di perusahaan seperti di bagian penjualan atau pemasaran. Seorang psikolog I-O juga berusaha keras untuk menyelesaikan masalah ketenagakerjaan untuk memastikan bahwa ada keseimbangan di tempat kerja. Sehingga memberi karyawan perusahaan rasa stabilitas, tanggung jawab, dan kebahagiaan dalam posisi mereka. Pekerja yang bahagia menghasilkan hasil yang bahagia. Psikolog I-O juga dapat bekerja sebagai konsultan untuk berbagai perusahaan.

  1. Konselor Sekolah

Bagi mereka yang lebih suka mengajar atau bekerja dalam lingkungan pendidikan, psikologi pendidikan, psikologi sekolah, dan konseling sekolah adalah pilihan untuk dipilih. Posisi ini memperhatikan kesejahteraan mental karyawan dan siswa sekolah secara keseluruhan. Konselor sekolah bekerja dengan anak-anak bermasalah, mereka yang bermasalah di rumah dan di sekolah. Mereka membantu orang tua dalam menangani masalah anak mereka. Potensi penghasilan dapat ditingkatkan dengan pengembangan kurikulum.

  1. Psikolog Pendidikan

Psikolog yang mengembangkan materi pembelajaran dan memahami aspek pembelajaran manusia disebut psikolog pendidikan. Misalnya, mereka dapat meningkatkan keterampilan membaca seseorang melalui teknik yang dikembangkan atau baru. Mereka juga menilai efek intervensi pendidikan terhadap pembelajaran dan pengembangan. Kebanyakan psikolog pendidikan fokus pada anak-anak berbakat dan yang berkebutuhan khusus. Mereka mempelajari perbedaan individu dalam hal kecerdasan, kreativitas, motivasi dan gaya kognitif. Ini adalah profesi yang juga bekerja pada level strategis untuk melakukan penelitian dalam meningkatkan kebijakan pendidikan sekolah.

  1. Konten creator

Zaman sekarang sosial media Instagram sedang menjadi trend. Dengan adanya kesempatan ini, maka lulusan psikologi dapat mengambil peluang yang ada. Sebagai lulusan psikologi, kamu dapat membuat konten yang membahas dan menganalisis tentang perilaku dan mental manusia. Hal ini juga dapat dikaitkan antara psikiologi dengan isu yang sedang terjadi di masyarakat. Membuat konten juga perlu teknik menulis yang baik dan membuat desain yang menarik agar para pembaca tertarik. Sudah banyak contoh di Indonesia para pembuat konten creator di Instagram mengenai edukasi Kesehatan mental. Bahkan tidak jarang juga terdapat platform yang menyediakan jasa curhat gratis.

  1. Youtuber

Youtuber lulusan psikologi

Pilihan karir bagi lulusan psikologi juga bisa unik lho! Berbicara mengenai YouTube pastilah banyak topik yang dapat dibahas. YouTube adalah salah satu social media yang sudah trend sejak dulu. Saat ini pun konten-konten di youtube tidak melulu mengenai musik namun sudah banyak konten edukasi termasuk edukasi Kesehatan mental. Bagi lulusan psikologi yang memiliki kemampuan public speaking yang bagus dan komunikasi yang baik dapat membuat channel youtube. Perlu menyediakan kamera dan materi yang baik agar video terlihat menarik. Menentukan topik yang dibahas kemudian dijelaskan melalui video.

  1. Konten Podcast

Selain konten tertulis dan video ada konten dalam bentuk audio. Podcast adalah salah satu alternatif karir untuk lulusan psikologi. Dengan menyediakan sound recorder melalui telfon genggam dan topik saja podcast sudah dapat disebarluaskan di berbagai platform. Biasanya podcast dibagikan melalui spotify atau youtube.

  1. Trainer

Trainer adalah orang yang memberikan suatu pelatihan berupa peningkatan softskill maupun hardskill. Pekerjaan trainer yakni membuat modul pelatihan dan mempraktikkannya dalam situasi yang menyenangkan sehingga para trainee(orang/kelompok yang diajarkan oleh trainer) menjadi meningkat dalam segi pengetahuan, ketrampilan. Pembawaan materi yang baik dan tidak membosankan adalah salah satu tantangan tersendiri untuk menjadi trainer yang berhasil.

  1. Asisten psikolog

Pilihan karir bagi lulusan psikologi yang ini pada umumnya memiliki jadwal yang padat dalam menangani klien. Kebutuhan klien yang meningkat, psikolog membutuhkan asisten dari jurusan psikologi. Asisten psikolog bertugas membantu psikolog dalam hal administrasi dan skoring hasil tes psikologi. Setelah mendapatkan skor hasil tes, psikolog melakukan interpretasi. Asisten psikolog tidak memiliki izin dalam melakukan interpretasi hasil tes psikologi. Psikolog yang sudah memiliki surat izin praktik sudah dapat memberikan interpretasi hasil tes.

Ditulis oleh: Miftahun Fadhila

Artikel Terkait

Leave a Comment