Image default

10 Mata Kuliah Psikologi Paling Asyik di Program Studi S1

Mungkin beberapa dari kalian yang sudah membaca artikel seputar psikologi di sini mulai penasaran dengan jurusan psikologi, atau bahkan tertarik untuk memilihnya sebagai pilihan berkuliah. Beragam pertanyaan yang muncul di benak teman-teman membentuk antusiasme tinggi sehingga kita tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang jurusan tersebut.

Dalam topik kali ini, penulis akan membahas tentang mata kuliah di psikologi yang dipelajari di program studi S1. Perlu diingat bahwa tulisan ini hanya sekadar opini dan pengalaman dari penulis saja, tulisan dari penulis tidak bersifat absolut. Langsung saja kita bahas mata kuliah tersebut!

1. Psikologi Dasar

Matkul psikologi paling basic yang dipelajari di semester 1. Wajib diambil di semua universitas seperti UGM, UI, Undip, dan Unpad. Kita akan dikenalkan sejarah awal berdirinya psikologi, teori-teori awal, pendekatan dalam menangani pasien, dan berbagai macam topik lainnya. Rasanya seperti pintu awal dari rasa ketertarikan yang pernah kalian tanyakan tentang psikologi terjawab oleh mata kuliah ini karena semua dasar-dasar pengetahuan psikologi terangkum dalam buku tersebut.

2. Kode Etik

Mata kuliah awal sebagai dasar kita untuk menjadi ilmuwan atau psikolog nanti. Mata kuliah tersebut cukup seru karena kita akan diajak untuk memulai awal berkembangnya kode etik yang ada di dunia, selain itu kita juga menyelam kasus pelanggaran kode etik yang pernah terjadi di masa lampau untuk mengetahui nilai moral apa yang telah dilanggar dan bagaimana cara kita untuk mencegah hal tersebut untuk terjadi lagi.

Kita juga diberi wawasan tentang kode etik psikologi yang ada di luar negeri maupun Indonesia dan juga pemahaman tentang pentingnya menjaga nilai moral dari peraturan kode etik psikologi.

3. Teori-Teori Kepribadian

Pada mata kuliah jurusan psikologi ini, kita akan mulai mempelajari lebih dalam teori-teori kepribadian yang telah kita dikenalkan kita pada mata kuliah Psikologi Dasar. Mempelajari bagaimana teori psikologi kepribadian dari berbagai tokoh terbentuk dan bagaimana cara tokoh tersebut melakukan observasi untuk membentuk teorinya hingga dikenal sampai sekarang. Teori yang memberikan eksplanasi bagaimana perilaku atau kepribadian ada pada diri manusia dijelaskan oleh rinci di setiap tokohnya.

4. Biopsikologi

Mata kuliah biopsikologi akan mengajarkan kita tentang psikologi dengan perspektif biologi. Pembelajarannya mencakup sistem syaraf, peristiwa kimiawi, pekembangan pada otak, dan lain-lain. Penggunaan obat dalam terapi juga dibahas pada mata kuliah tersebut.

5. Rentang Perkembangan Manusia

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan psikologi ini seru karena kita akan menelusuri bagaimana proses perkembangan yang ada dalam diri kita dimulai dari dalam kandungan hingga manula dalam berbagai perspektif salah satunya adalah perspektif psikologi. Pembahasan yang dirangkum dalam mata kuliah Rentang Perkembangan Manusia juga disertai dengan penjelasan bagaimana psikologi dipengaruhi baik secara lingkungan dan juga biologis.

6. Psikologi Kognitif

Psikologi Kognitif merupakan matkul menarik karena pembahasan tentang cara kerja manusia dalam berproses di setiap tindakannya dideskripsikan dengan detail seperti proses memperhatikan, bagaimana cara kita masih bisa mengingat masa lalu, pemecahan masalah sehari-hari yang terjadi dalam kehidupan kita, bagaimana cara kita menentukan sebuah pilihan, dan berbagai macam topik lainnya. Secara singkat mata kuliah psikologi pendidikan tersebut membuat kita lebih sadar terhadap apa yang kita lakukan dan pikirkan.

7. Asesmen Dasar

Mata kuliah paling seru berikutnya adalah Asesmen Dasar, dalam mata kuliah ini kita difokuskan untuk bisa menjadi mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk melakukan asesmen terhadap partisipan, klien, atau subjek. Fokus dari mata kuliah tersebut akan membuka kemampuan kita untuk lebih peka terhadap sosial, kemampuan komunikasi, melakukan pendekatan terhadap orang dalam rangka mencari informasi, dan mengenal lebih dalam partisipan, klien, atau subjek kita. Karena hal tersebut, mata kuliah Asesmen Dasar juga diimbangi dengan adanya praktikum agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam melakukan asesmen.

8. Psikologi Komunikasi

Topik psikologi komunikasi cukup seru karena kita diajarkan tentang cara berkomunikasi dan bagaimana cara kerja dari komunikasi itu sendiri. Bentuk-bentuk komunikasi yang ada dirangkum menjadi berbagai macam seperti komunikasi publik-massa, persuasif, antar budaya, dan berbagai macam lainnnya. Hal tersebut juga sebagai modal awal kita agar bisa melakukan asesmen dengan baik.

9. Psikologi Internet

Mata kuliah ini cukup populer karena pesatnya perkembangan internet, internet yang mulai tidak lepas dari kehidupan kita mulai dihadapi melalui perspektif psikologi. Dalam mata kuliah tersebut, internet dibahas dalam segi psikologi dimulai dari topik bahasa, interaksi, atensi dan berbagai macam topik lainnya.

10. Psikologi Sosial

Pada mata kuliah psikologi sosial, kita diajarkan bagaimana bentuk sosial yang ada dalam kehidupan kita disambungkan dalam pandangan psikologi. Pelajaran tersebut akan mempelajari hal seperti stereotipe, persepsi sosial, agresi, kepemimpinan, dan berbagai hal lainnya. Banyak yang menjadikan keinginan menguasai topik ini sebagai alasan memilih psikologi.

Kira-kira itulah 10 mata kuliah psikologi yang cukup asyik untuk diikuti oleh penulis. Dalam pandangan penulis, sebenarnya hampir semua pelajaran dari jurusan psikologi cukup asyik dan menarik untuk diikuti.

Walaupun sepuluh mata kuliah di atas rata-rata masih diambil berdasarkan mata kuliah wajib, hal tersebut tidak membuatnya langsung tidak asyik dan menarik. Hal tersebut dikarenakan mata kuliah yang kita pelajari sebenarnya juga memiliki ilmu yang dapat bermanfaat dalam kehidupan kita, adanya rasa ‘keterkaitan’ dengan pengalaman yang ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat penulis tetap bisa mengikuti pelajaran tersebut dan juga bisa melakukan koreksi dalam kehidupan sehingga cukup bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih ketika kalian sudah bisa memilih mata kuliah yang kalian minati nanti, jika kalian bisa memilih maka tentu saja kalian akan lebih menikmati pelajaran tersebut.

Artikel Terkait

Leave a Comment